Dandim Banjarnegara Jadi narasumber Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

Banjarnegara, Nusantaraterkini.com – Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal, S.T., M.Han, Plh Bupati Banjarnegara H. Syamsuddin,S.Pd.,M.Pd. serta Forkopimda Banjarnegara dan Kepala Pertanahan Kabupaten Banjarnegara Ahmad Yani, SH. Menjadi narasumber dalam rangka Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022 bertempat di Pendopo Adigraha Kabupaten Banjarnegara. Kamis (20/01/22).

Dandim banjarnegara menyampaikan kita seluruh warga Banjarnegara ini dalam rangka sosialisasi PTSL di Kabupaten Banjarnegara. Perlu bapak ibu ketahui bahwa saat ini Kami Kodim 0704/Banjarnegara sudah melakukan kerjasama dengan Kantor ATR BPN Agraria Banjarnegara. Terkait hal program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

PTSL yang ada di wilayah Banjarnegara keterlibatan kami selama ini. Koramil dan memiliki Babinsa yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

Kami turun langsung bersama sama untuk membantu program PTSL yang tadi sudah disampaikan adalah program sampai semester enam. Tentunya keterlibatan kami, langsung terjun kelapangan karena kami mempunyai kemampuan. Babinsa mempunyai 5 kemampuan, temu cepat lapor cepat, manajerial teritorial, penguasaan wilayah, peningkatan pembinaan perlawanan rakyat,  komunikasi sosial. Dengan 5 kemampuan tersebut kami yakin babinsa di lapangan mampu memberi dukungan yang totalitas kepada pejuang PTSL Kabupaten Banjarnegara.

Saya memberikan pengalaman Kodim 0704/Banjarnegara bahwa ternyata aset Kodim belum bersertifikat. Kami melihat keberadaan aset Kodim 0704/Banjarnegara itu banyak, Alhamdulillah di tahun 2020. Kemarin di bantu pejuang PTSL mampu  menyelesaikan 11 bidang aset di bawah jajaran Kodim 0704/Banjarnegara. Kemudian di Tahun 2021 kemarin mendapat tambahan 1 bidang lagi. Yaitu Taman Makam Sureng Yudha juga dibantu pensertifikatan, total  jadi 12 aset.

Tujuannya sama untuk membuat sertifikat adalah untuk memperoleh kepastian hukum. Memperoleh perlindungan hukum karena kami melihat begitu banyak konflik yang terjadi gara gara tanah.

Kami Kodim 0704/Banjarnegara siap totalitas membantu badan pertanahan dan masyarakat dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Konflik bisa timbul apabila tanah tidak bertuan. (Pendimbna).

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.