Dandim 0711 Pemalang : Apa Itu TMMD Reguler dan Sengkuyung

Pemalang – Itulah yang dijelaskan gamblang oleh Letkol Inf. Edy Supriyadi, S.S, M.M, M.Tr. (Han), selaku salah satu narasumber dari acara dialog interaktif TMMD Reguler 104 yang digelar Diskominfo Kabupaten Pemalang melalui LPPL Radio Swara Widuri 87.7 FM. Jumat malam (22/3/2019).

Diungkapkannya tentang TMMD Reguler, skalanya adalah nasional dan provinsi, sehingga program Pemerintah Pusat dipadukan dengan Pemda setempat melalui kegiatan Non Fisik TMMD berupa sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan masyarakat. Untuk Provinsi Jateng sendiri juga membantu pendanaan pembangunan fisik sebesar 190 juta rupiah guna membackup APBD Pemalang sebesar 1,2 miliar.

“TMMD Reguler mendapatkan bantuan pasukan TNI dari satuan lain, Mabes TNI juga membantu anggaran bagi prajurit Satgas di lapangan untuk uang makan dan uang saku sebesar 337,9 juta rupiah bagi masing-masing 50 Kota/Kabupaten di Indonesia,” bebernya.  

Lanjut dijelaskannya, sedangkan untuk TMMD Sengkuyung adalah merupakan imbangan dari Reguler, jadi agar yang dibangun tidak hanya 50 Kabupaten/Kota saja melainkan diimbangi kepada 464 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia dari total 514 Kabupaten/Kota. Karena lingkupnya Kabupaten maka menggunakan APBD setempat.

“Namun yang jelas keduanya hanya untuk membantu Pemerintah mengakselerasi pembangunan infrastruktur wilayah tertinggal, selain menumbuhkan kemanunggalan TNI-Rakyat dan melestarikan budaya gotong-royong masyarakat demi ketahanan nasional,” imbuhnya.

Diketahui, untuk TMMD Reguler akan hadir kembali di Kabupaten/Kota yang sama 3 tahun kedepan, sedangkan TMMD Sengkuyung rutin dilaksanakan 3 kali dalam setahun. Acara dilanjutkan penyampaian narasumber lainnya, yaitu Bupati, H. Junaedi, SH, MM dan Kepala Dispermasdes, Drs. Tetuko Raharjo, M.Si. (Aan Pendim Pemalang).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.