Dana Bantuan Oprasional OKUS Naik

Loading...

OKU Selatan – Pemerintah daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan menginformasikan terkait kenaikan tunjangan dana Bantua Oprasional sekolah (BOS) pada tahun 2020 sesuai dengan peraturan Menteri pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) Nomor 8 (Delapan) tahun 2020.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Zul Pakar Dhani, S.Sos menjelaskan kenaikan bantuan Oprasional sekolah (BOS) ini, bertujuan untuk memberikan perhatian khusus kepada tenaga pendidik Non pns (Honerer) dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik, dan juga memberikan leluasa kepada sekolah untuk mengelolah bantuan dana yang diberikan.

Adapun besaran tunjangan Bantuan Oprasional sekolah ( BOS) Naik sebesar Rp. 100,000,-/ Siswa dari semua tingkatan sekolah baik tingkat (SD) maupun (SMP). Untuk (SD) sendiri sebelumnya menerima Rp. 800,000,- / Siswa menjadi Rp. 900,000,-/ Siswa, kemudian untuk (SMP) dari Rp. 1.000.000,-/ Siswa menjadi Rp.1.100.000,-/Siswa.

“Kalau sebelumnya peruntukan untuk tunjangan guru Non pns (Honorer) hanya 15 persen dari Bantuan Oprasional Sekolah (Bos) sekarang Maksimal 50 persen, tentunya sesuai dengan ketentuan petunjuk dan aturan yang ada, tentang penggajian Guru Honorer, ” ungkapnya.

Mengenai penyaluranya sendiri, jika sebelumnya, dicairkan oleh Kementrian Keuangan (Kemenkeu) ke Pemerintah Provinsi, lalu Pemerintah Provinsi menyalurkan ke Kabupaten. Namun, untuk saat ini proses pencairannya pun sudah berubah, pencairan dari Kemenkue langsung di transfer ke Rekening Sekolah masing-masing. Dan pencairanyapun, diberikan 3 Tahap dalam 4 Bulan satu kali di cairkan.

“Dalam setiap penyairanya harus terlebih dahulu menyampaikan laporan pencairan sebelumnya, kalau laporanya terlambat maka pencairan tahap berikutnya tidak akan di keluarkan,” jelasnya Zul Pakar.

Adapun, rincian seluruh tingkatan sekolah yang ada di OKU Selatan baik Sekolah Negeri, Swasta dan Yayasan, untuk jumlah Sekolah Negeri tingkat (SD) berjumlah 246 sekolah, dan Sekolah Dasar Swasta (SDS) sebanyak 35 Sekolah.

Sementara untuk tingkat Sekolah (SMPN) ada 59 Sekolah, dan SMPS ada 9 Sekolah, hingga Total keseluruhan Sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMP sebanyak 349 Sekolah.

Dengan tenaga pendidik (Guru) dari berbagai tingkatan, untuk jumlah Guru SD CPNS sebanyak 23 orang, Guru tetap yayasan berjumlah 45 orang dan Guru Non PNS sebanyak 1549 orang, dan Guru PNS sebanyak 1749 orang.

Sedangakan untuk Guru tingkat SMP yang sudah CPNS sebanyak 32 orang, Guru tetap yayasan 32 orang, Guru Non PNS sebanyak 37 orang, Guru PNS sebanyak 623 orang, dan Tenaga pendidik (Tendik) Non Guru sebanyak 186 orang.

“Dari besaran Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) yang diterima Pemerintah OKU Selatan melalui Dinas Pendidikan, yang sudah terdaftar di Kemendikbud mulai dari tingkat (SD) dengan seluruh jumlah siswa sebanyak 39.499 siswa, dan untuk jumlah siswa (SMP) berjumlah 13.604 siswa, hingga diperkirakan mencapai kurang lebih 49 Miliar dalam pertahunya,” ujarnya. (Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

Aksi Dilarang