Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Damkar Amankan Ular Kobra di Dapur Perumahan Jember

Loading...

JEMBER – Apa jadinya apabila ular kobra ditemui di dalam perumahan, bahkan masuk ke dalam dapur. Tentu cukup menakutkan bukan. Hal itu dialami Dony, warga Perumahan Yasmin Residence, Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Minggu (19/1/2020) pagi.

Dimana dalam sepekan terakhir, dirinya dibuat resah dan gelisah dengan gangguan ular jenis kobra yang acap kali ditemukan di dalam rumahnya, bahkan di dalam ruangan dapur. Dalam beberapa hari ini, sudah dua kali ditemukan ular kobra di tempat menyimpan perabotan dapur miliknya.

Komandan Regu A, Mako Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Jember, Suharto mengatakan, ular kobra tersebut ditemukan saat asisten rumah tangganya Dony
hendak membersihkan rumah secara keseluruhan. Namun, ditemukan ular bersarang di antara tumpukan barang dapur.

“Saat itu pembantunya Dony tengah membersihkan rumah, ketika membuka tumpukan barang-barang didapur kaget melihat ada ular kobra, saking takutnya saat itu dia langsung lari keluar. Pemilik rumah pun memanggil petugas damkar untuk membantu mengeluarkannya,” katanya.

Lebih lanjut, Suharto mengungkapkan, tentunya kejadian tersebut membuat warga masyarakat resah, karena memang kalau ular kobra masuk rumah itu cukup menakutkan. Juga sangat berbahaya, apalagi ular kobra diketahui memiliki bisa atau racun yang paling mematikan.

“Ular kobra yang berada di tumpukan barang-barang dapur rumah milik Dony ini sudah berhasil kami evakuasi, dengan memiliki panjang kurang lebih 1,5 meter. Diketahui, di dapur ini ada dua ekor ular, satunya berukuran kecil sudah ditangkap masyarakat sekitar tiga hari lalu,” terangnya.

Dia menambahkan, diduga ular itu muncul dan masuk ke dalam dapur lewat gorong-gorong rumah, karena terdapat lahan kosong di kawasan perumahan tersebut. Untuk itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal. Tumpukan barang-barang berpotensi menjadi sarang ular harus disingkirkan.

“Bersihkan lingkungan rumah dan jangan menumpuk barang-barang yang tidak terpakai. Juga warga tidak boleh membunuh ular kobra dan kami sarankan untuk melapor ke Petugas Damkar untuk evakuasi. Karena ada sanksinya bila membunuh ular kobra,” pungkasnya. (Abdus Syukur)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.