Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Cukup Setengah Jam Warga Petahunan dan TNI Banyumas Obrak-abrik Rumah Tarsim

Loading...

Banyumas – Sangat cepat proses pembongkaran rumah Tarsim (56), petani dan buruh tani asal Desa Petahunan RT. 03 RW. 05, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kamis (16/7/2020).

Hanya butuh waktu setengah jam, masyarakat setempat dan Tim Teknis Satgas TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas dari kesatuan Detasemen Zeni Bangunan 1/IV Purwokerto, untuk membongkar dinding papan dan menurunkan genteng sehingga menyisakan rangka rumah.

Sertu Tri Purwanto (45), anggota Satgas TMMD Denzibang 1/IV Purwokerto menjelaskan, rumah berukuran 11 x 6 meter tersebut didanai oleh UPK (Unit Pengelola Kegiatan) Kecamatan Pekuncen dan dari Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kabupaten Banyumas senilai Rp. 7 juta.

“Untuk pekerjaan rumah Pak Tarsim juga ditargetkan selesai selama satu minggu kedepan, seperti 1 unit rumah bantuan BAZNAS Kabupaten Banyumas senilai Rp. 20 juta, milik Pak Tarman, yang sebelumnya selesai dalam waktu 1 minggu,” tegasnya.

Ditambahkannya, selain rumah Tarsim, pekerjaan yang sudah menunggu adalah rehab RTLH milik Sodah (70), janda dan petani RT. 03 RW. 04, dengan donatur sama seperti milik Tarsim, hanya saja nominalnya Rp. 11 juta.

“Besaran nilai anggaran rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), disesuaikan dengan kondisi bangunan yang akan dibangun atau direhab,” pungkasnya.

Untuk sekedar diketahui, rumah yang kini layak huni milik Tarman (47), buruh tani asal Desa Petahunan RT. 05 RW. 03, dibangun ulang permanen berukuran 5 x 7 meter dengan pekerjanya ruang tamu, 2 kamar tidur, tempat sholat, 1 kamar mandi dan dapur. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.