Cegah PMK, Polres Blitar Kota Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Blitar – Polres Blitar Kota melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kaku (PMK), di Pasar Hewan Dimoro Kota Blitar, Kamis (12/5/2022). Hal ini untuk mencegah penyebaran PMK karena diketahui beberapa Kota di Jawa Timur sudah terindikasi wabah PMK tersebut.

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono SH SIK MSi melalui Kasihumas Polres Blitar Kota Iptu Achmad Rochan mengatakan, Polres Blitar Kota telah menunjuk Satgas Pangannya melaksanakan koordinasi dengan dinas terkait untuk menindaklanjuti adanya wabah pmk.

Selain itu, kasihumas menyampaikan Kapolres juga memerintahkan fungsi sabhara maupun bhabinkamtibmas terjun ke lapangan membantu melakukan tindakan pencegahan.

“Salah satunya hari ini kegiatan penyemprotan disinfektan oleh petugas dari Sabhara Polres Blitar Kota di pasar hewan yang akan dilaksanakan secara berkala ,” kata Kasihumas Polres Blitar Kota Iptu Achmad Rochan

Selain kegiatan penyemprotan petugas yang diipimpin Iptu Sulton, hari ini juga mengimbau secara langsung kepada para pedagang hewan ternak untuk ikut menjaga kebersihan hewan dan kandang. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah tersebarnya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak itu.

Pemberian pemahaman kepada masyarakat, pedagang ternak bahwa perlu diantisipasi penyakit ini.

“Bila ternaknya ada gejala penyakit PMK diimbau untuk segera melapor ke dokter hewan sekitar, jangan dijual karena akan menjadi sumber penularan hewan lainnya,” pungkasnya.

 

Source : Humas Polres Blitar Kota

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.