Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Cari Rumput Juga Mudah Dengan Akses Jalan TMMD Reguler Brebes

Loading...

Brebes – Hadirnya jalan baru produk TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, juga mencerahkan wajah para petani dan peternak, salah satunya adalah Sugiyanto (40), warga Dukuh Karanganyar RT. 02 RW. 01, Kalinusu.

“Yang jelas saya sangat terbantu sebagai jalan untuk mencari pakan ternak,” ungkapnya, Senin (26/10/2020).

Menurutnya, pembukaan akses jalan baru sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter yang membentang di areal persawahan warga desanya dan para pemilik lahan sawah di Kalinusu yang berasal dari desa/kecamatan tetangga, yaitu Bantarkawung, kini memotivasi mereka untuk mengolah lahan sawah dan ladang mereka.

Untuk petani, dengan adanya jalan itu, dimana membuat motor maupun mobil bisa masuk hingga ke lahan pertaniannya jelas akan memudahkan untuk mobilisasi pupuk maupun saat mengangkut hasil panen.

Terpisah dikemukakan Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), lebih dari itu, pembangunan jalan melalui kegiatan TMMD dari Kodim Brebes di desanya, akan mempunyai arti besar bagi warganya yang tinggal di Dukuh Kedung Kandri.

“Jalan baru karya TMMD itu, telah membuka keterisoliran warga kami yang tinggal di Dusun Kedung Kandri selama puluhan tahun,” terangnya.

Dikemukakan, selama ini karena tidak ada akses jalan, warganya di dusun tersebut harus menyebrang Kali Pemali dengan sampan jika akan beraktifitas keluar dusun, demi untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan bahkan ke pasar terdekat, yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.

“Yang jelas, dengan adanya jalan karya TMMD itu, kisah pilu warga Kedung Kandri yang akan mendapatkan pelayanan administrasi di Balai Desa Kalinusu, sudah tidak akan terulang lagi. Kini mereka dengan mudah melewati jalan baru karya TMMD itu dalam waktu hanya 5 menit dengan sepeda motor,” imbuhnya.

Perlu diketahui, untuk ke Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 13 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai tujuan.

“Untuk itulah saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda, TNI, serta seluruh pihak yang telah mewujudkan harapan warga kami di Dusun Kedung Kandri. Sehingga mereka akan secepatnya sejahtera perekonomian, kesehatan, dan juga anak-anak lebih bersemangat lulus sampai ke bangku SLTA sederajat,” pungkasnya. (Dar/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.