Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Cara Anggota Satgas TMMD Reguler Brebes Memotivasi Petani Kalinusu

Loading...

Brebes – Bertugas di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, waktu senggang digunakan oleh anggota Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, untuk berbuat kebaikan dengan membantu warga setempat, Samsir (48), petani asal Dusun Karanganyar RT. 05 RW. 01, Kalinusu, untuk menjemur padi. Rabu (30/9/2020).

Disampaikan Sertu Waluyo, dari Lanal Tegal, bahwa dirinya bersama rekan-rekannya anggota Satgas dari TNI maupun Polri, melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan cara membantu apa yang bisa dikerjakan.

“Tugas pendampingan pertanian untuk ini biasanya dilakukan Babinsa TNI-AD dimanapun ditugaskan, dalam program Upsus Pajale (Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai),” ungkapnya.

Dijelaskannya lanjut, upaya memotivasi petani yang mereka itu merupakan tugas sebagai mitra kerja dari Dinas Pertanian setempat, dalam mewujudkan swasembada ataupun ketahanan pangan daerah maupun nasional.

“Kita dorong terus petani agar menggarap lahannya. Jangan sampai negara kita impor bahan pangan dari luar negeri sehingga akan menghambat realisasi pemerintah dalam pembangunan desa-desa tertinggal,” imbuhnya.

Menurut Waluyo juga, jika masyarakat petani menjalankan fungsinya dengan baik maka itu juga merupakan salah satu wujud bela negara, yaitu kesadaran membantu pemerintah.

Sementara itu, Samsir menyatakan terima kasih atas bantuan dan adanya pembukaan jalan baru dari Dusun Karanganyar menuju Dusun Kedung Kandri sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter.

Pasalnya, selain membuka keterisoliran dari 100 kepala keluarga di Kedung Kandri selama ini, jalan itu adalah jalan motivasi baginya dan 1.292 petani serta 2.028 buruh tani di desanya.

“Walaupun hasil panen kurang bagus, namun jalan TMMD itu adalah hadiah dari Pemerintah dan TNI, sekaligus motivasi bagi kami untuk terus bercocok tanam,” ungkapnya mengapresiasi. (Utsm/Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.