Calon DPD RI Mohammad Trijanto Apresiasi Mahasiswa dan Masyarakat Suarakan Pemilu Bersih Tanpa Politik Uang

Blitar – Calon DPD-RI Jawa Timur Mohammad Trijanto mengapresiasi aksi demo yang dilakukan masyarakat dan mahasiswa yang mengatasnamakan Koalisi Masyarakat Peduli Pemilu Bersih (KMPPB) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Rabu (7/2/2024) lalu.

Dalam aksi tersebut massa yang terdiri dari elemen mahasiswa dan aktifis anti korupsi menyuarakan pemilu bersih tanpa dikotori politik uang.

Mohammad Trijanto mengatakan, bahwa aksi yang dilakukan oleh massa Koalisi Masyarakat Peduli Pemilu Bersih (KMPPB) tersebut harus didukung penuh agar masyarakat tidak terjebak dalam money politik setiap pemilu lima tahunan.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Koalisi Masyarakat Peduli Pemilu Bersih (KMPPB) saat melakukan aksi demo di KPU Kota Blitar. Karena hal ini perlu dilakukan agar masyarakat tidak terjebak dalam permainan para politikus mulai tingkat pusat sampai daerah, ” kata Trijanto, saat ditemui dikediamannya, Jumat (09/02).

Calon anggota DPD atau Senator dari dapil Jawa Timur dengan nomor urut 13 ini juga mengingatkan agar lembaga penyelenggaraan pemilu seperti KPU dan juga Bawaslu sebagai badan pengawasnya harus benar-benar maksimal dalam melakukan tugasnya karena sampai saat ini masih banyak oknum peserta pileg terutama calon legislatif yang masih menggunakan politik uang untuk mendapatkan kursi.

Ia juga berpesan kepada seluruh relawannya yang ada di Jawa Timur untuk ikut mengawasi pelaksanaan pemilu tanggal 14 Februari mendatang. Dirinya meminta kepada semua relawannya untuk melaporkan kecurangan dalam pemilu mendatang ke sentra Gakkumdu yang didalamnya terdapat unsur penegak hukumnya.

Tidak hanya itu, lelaki yang menyukai jaket dan topi hitam itu juga meminta seluruh relawannya untuk bergerak, bersatu dan menyatukan tekad agar ada keterwakilan dari kalangan petani, nelayan dan buruh di Jawa Timur duduk memperjuangkan hak-haknya.

“Saya menyuarakan pemilu bersih tanpa money politik atau pembagian uang. Dan saya harap aksi itu juga disuarakan oleh masyarakat daerah-daerah lainnya diseluruh Jawa Timur agar tercipta demokrasi tanpa politik uang,” imbuhnya.

Koalisi Masyarakat Peduli Pemilu Bersih (KMPPB) sebelumnya melakukan dua aksi demo di KPU Kota Blitar, Rabu (07/02/2024). Aksi yang dipimpin oleh Joko Agus Prasetyo tersebut meminta KPU untuk mendukung membersihkan pemilu dari politik uang. Berharap pemilu berjalan bersih, jujur dan adil. Sehingga mampu menghasilkan pemimpin berkualitas yang mampu memperjuangkan hak rakyat. (red)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.