Calon DPD Jatim Trijanto Apresiasi Pemkot, Kejaksaan dan Polres Blitar, Teken Pakta Integritas saat Aksi Demo KRPK

Blitar – Calon Anggota DPD RI Jatim Mohammad Trijanto mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, Kejaksaan Negeri Blitar dan Polres Blitar yang telah meneken pakta integritas pada saat aksi demo yang dilakukan oleh Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) pada Kamis (21/12/2023) lalu.

Pakta integritas yang disodorkan oleh masa aksi saat melakukan demo di ketiga instansi tersebut terkait dengan tata kelola pemerintahan yang bersih dan demokrasi yang terbebas dari praktik kolusi, korupsi dan nepotisme. Sehingga bisa terwujud pemerintahan dan demokrasi yang lebih baik.

Mohammad Trijanto yang juga Ketua Umum Ratu Adil saat di temui di rumahnya, Minggu ( 24/12/2023) mengatakan, ia memimpin aksi massa kemarin saat berharap perlu adanya tata kelola pemerintahan yang bersih dan demokrasi yang terbebas dari KKN. Karena tahun 2024 nanti merupakan tahun politik dimana pemilihan umum dan pemilihan presiden akan dilaksanakan.

“Kami menghimbau kepada pemerintah dan juga aparat penegak hukum untuk menjalankan pemerintahan dan demokrasi yang bersih dan transparan terbebas dari unsur KKN. Karena sebentar lagi pada bulan Februari 2024 merupakan tahun politik dimana pileg dan pilpres akan digelar,” ujar Trijanto saat ditemui di kediamannya.

Trijanto menambahkan bahwa aksi yang dilakukan kemarin itu sebagai salah satu peringatan kepada Pemkot Blitar, Kejaksaan dan Polres Blitar untuk netral dalam fungsinya sebagai aparat pemerintah. Karena bukan tidak mungkin dalam tahun politik ini, ada alat pemerintahan dan alat negara digunakan dalam pesta demokrasi.

Tidak hanya itu, Calon DPD RI Jatim dengan nomor urut 13 ini, juga mengatakan bahwa inti dari aksi yang dilakukan kemarin adalah menginginkan terlaksananya tata kelola pemerintahan yang bersih serta transparansi dalam hal penegakkan supremasi hukum yang mengedepankan prinsip hukum yang bersih.

“Intinya kita kemarin menginginkan adanya transparansi dan tata kelola yang baik pada pemerintahan Pemkot Blitar, Kejaksaan dan juga Polres Blitar.,” katanya.

Trijanto juga mengungkapkan bahwa dalam poin pakta integritas yang diajukan dan sudah ditandatangani oleh Pemkot Blitar, Kejaksaan dan juga Polres Blitar diantaranya, mengedepankan prinsip partisipasi publik, transparansi, akuntabilitas, visi misi strategis pemerintahan, kepastian hukum, keadilan sosial dan efektivitas pemerintahan.

Kemudian, mewujudkan wilayah pemerintahan Kota/Kabupaten Blitar bersih dari KKN, melawan segala bentuk mafia hukum dan peradilan yang bisa merusak rasa keadilan di masyarakat. Melaksanakan perintah undang-undang yang mewujudkan tata kelola yang bersih, demokratis dan berwatak kerakyatan.

Terakhir, membangun supermasi hukum yang adil, mewujudkan pemilu bersih tanpa money politik dan melaksanakan pakta integritas secara konsisten dan bertanggungjawab. (*)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.