Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Butuh Bambu Jumlah Besar Untuk Satu Rehab RTLH TMMD Reguler Brebes

Loading...

Brebes – Rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, milik Damad (33), warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, masih membutuhkan material bambu dalam jumlah banyak.

Tampak pekerjaan di rumah petani yang berukuran rumah 6 x 9 meter itu adalah mulai pemasangan usuk maupun reng. Kamis (8/10/2020).

Dijelaskan Sertu Anwar, Ketua Tim Teknisi Satgas TMMD Reguler 109 Brebes, dari Yonzipur 4 Tanpa Kawandya, Kompi A Slawi, Kabupaten Tegal, bahwa rumah mulai dikerjakan pada 28 September 2020 lalu, dan sampai dengan saat ini pengerjaannya masih dikebut oleh Satgas TMMD yang dibantu warga setempat.

“Menyusul reng atap rumah dibongkar sudah lapuk saat dibongkar, maka diputuskan dilakukan penggantian secara menyeluruh agar tidak membahayakan bagi penghuninya nanti,” bebernya.

Dijelaskannya lanjut, bantuan warga setempat juga maksimal kepada keluarga Damad, terbukti mereka bahu membahu memotong bambu untuk reng itu, sehingga pendanaan senilai Rp. 10 juta dari Kodim Brebes dapat dimaksimalkan untuk bahan bangunan lainnya.

“Untuk kayu usuk, sebagian kita ganti dan sebagian menggunakan kayu lama yang masih bagus kondisinya,” imbuhnya.

Untuk diketahui, selain rumah Damad, 3 unit RTLH lainnya juga masih dikebut pengerjaannya. Yakni rumah milik Sarto (43) Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01 dengan hasil 80 persen, Makmuri (30) Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01 hasil 80 persen, dan rumah Karmin (38) Dusun Kutagaluh RT/RW. 02 dengan hasil 25 persen.

Sementara satu lagi yaitu rumah Mbah Raad (66), telah selesai dikerjakan dengan tambahan pembuatan sebuah jamban dan septic tank. (Dar/Aan)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.