Bupati Oku Selatan Resmikan MCK Umum bagi Warga Tangsi

Loading...

Oku Selatan – Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Popo Ali dan Ketua Tim Penggerak PKK Isyana Lonitasari Popo Ali bertatap muka dengan masyarakat dalam rangka penyerahan bantuan musholah dan peresmian MCK, di lingkungan 2 (Dua) tangsi Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Muaradua, Kamis (24/01).

Diawali dengan sambutan Camat Muaradua Putra Bani S.Sos. Sebagai perwakilan masyarakat dan Pemerintah kecamatan mengatakan, Kelurahan bumi agung terdiri dari 10 lingkungan, dengan 1500 Kk dan lebih kurang 4000 jiwa.

Ia juga menyampaikan, ucapan terimakasih atas kehadiran Bupati dan jajaran di lingukungan tangsi bawah Bumi agung. Mengingat warga tangsi bawah mayoritas berada di pinggir bantaran sungai, sehingga selama ini menggunakan aliran sungai untuk buang air besar.

Dengan menyambut baik, ide dan gagasan Bupati OKU Selatan untuk stop BABS, dalam memberikan bantuan pembangunan MCK, guna mememberikan solusi kepada masyarakat dalam menghilangkan kebiasaan lama dan beralilih ke kebiasaan yang lebih baik lagi.

“Selain dari memberikan bantuan pembangunan MCK Bupati juga memberikan bantuan pembangunan Mushola yang akan bisa dimamfaatkan untuk kepenting masyarakat baik dari prilaku hidup sehat maupun kepetingan umat,” jelasnya.

Sementara itu Bupati OKU Selatan dalam sambutanya mengatakan terkait pembangunan MCK di pinggir sungai ini merupakan program yang benar-benar menyentuh masyarakat terkait pola hidup sehat, selain itu mengingat kabupaten OKU Selatan ini masyarakatnya masih tinggi untuk buang air sembarangan yang menjadi pusat perhatian Pemerintah provinsi dan pusat.

“Kabupaten OKU Selatan sering jadi pembicaraan di luar sana terkait buang air besar secara sembarangan. Selain itu Program stop BABS ini juga berkaitan dengan Program pencegahan stunting, karena stunting juga ditimbulkan oleh polah hidup tidak sehat,” tuturnya.

Memang tidak mudah untuk merubah kebiasaan buruk menjadi ke kebiasaan yang lebih baik lagi. Maka berkenaan dengan ini semua, pemerintah Kabupaten OKU Selatan sedang tahap giat – giatnya memberantas kebiasaan buruk di masyarakat.

Untuk itu, dalam mengelola hidup sehat dan kebersihan pemerintah akan mengambil alih demi ke baikan masyarakat sekitar. Mengingat Kabupaten OKU Selatan masih termasuk daerah otonomi baru dan masih banyak perlu penataan di lingkungan masyarakat terkhusus di jantung kota muaradua ini.

“Pemerintah juga tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerjasama dengan masyarakat, oleh karena itu diharapkan kesadaran masyarakat untuk menyadari pola hidup sehat. Mari kita bersama menjaga lingkungan bersih dan stop BABS sembarangan, tentunya dalam mengambil langkah untuk kebaikan masyarakat, bukan lah
tanpa mendengarkan keinginan masyaraka dan bukan tanpa solusi,” tandasnya.

Bupati juga menghimbau kepada Kepala desa dan lurah yang ada di Kecamatan Muaradua agar bisa mengalokasikan dana desa dan dana kelurahan untuk membangun MCK bagi warganya yang belum mempunyai MCK. Karena ini merupakan Program pemerintah daerah dan diharapkan kerjasamanya untuk mensukseskan Program tersebut demi kebaikan bersama.

Diakhir acara dilanjutkan dengan sesi dialog bersama masyarakat, kemudian dilasungkan pengguntingan pita tanda telah diresmikanya Pembangunan MCK yang bisa digunakan untuk keperluan masyarakat. (Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.