Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Bupati OKU Selatan Hadiri, Rapat Paripurna Pembahabasan Peraturan Daerah

Loading...

OKU Selatan, Nusantara terkini.com- Ketua DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU) Selatan, Heri Martadinata membuka sidang lanjutan rapat paripurna. Pembahasan rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten OKU Selatan tahun Anggaran 2019 dan 5 (Lima) raperda Kabupaten OKU Selatan tahun 2020, bertempat di ruang sidang paripurna.Rabu ( 05/08/2020).

Diawali dengan laporan, hasil pembahasan panitia khusus, yang dibacakan Noris Nopalia, S.E, dari Fraksi Nasdem menyampikan. telah dilakukan pembahasan secara bersama dengan jadwal yang telah ditetapkan badan musyawarah DPRD Kabupaten OKU Selatan, mulai tanggal 23 juli 2020 sampai dengan 04 Agustus 2020, rapat bersama beberapa Organisasi perangkat daerah (OPD).

Ke Enam fraksi telah menyampaikan pendapat akhirnya, pada tanggal 04 Agustus kemarin. Disimpulkan secara keseluruhan menerima, dan menyetujui hasil pembahasan pansus, terhadap rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten OKU Selatan, tahun 2019 untuk dijadikan peraturan daerah Kabupaten OKU Selatan tahun 2020.

Laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kabupaten OKU Selatan tahun Anggaran 2019, secara lengkap telah tergambar pada lampiran rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kabupaten OKU Selatan tahun Anggaran 2019.Telah disajikan, dalam bentuk laporan realisasi APBD tahun anggaran 2019 yang telah diaudit oleh perwakilan BPK -RI Provinsi Sumatera Selatan ( Sumsel).

” Sebagaimana, telah dinyatakan bahwa laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kabupaten OKU Selatan tahun Anggaran 2019 mendapatkan opini wajar tampa pengecualian ( WTP), ” jelasnya.

Bupati kabupaten OKU Selatan, Popo Ali.M.B.com dalam sambutanya menyampaikan, terimaksih kepada pihak DPRD yang telah mengambil keputusan menyetujui raperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kabupaten OKU Selatan tahun Anggaran 2019, untuk disepakati menjadi peraturan daerah kabupaten OKU Selatan.

Dengan tercapainya, persetujuan bersama antara Legislatif dengan Pihak Eksekutif terhadap raperda, maka pihak Eksekutif akan melakukan penyempurnaan dan penyesuaian raperda, dan akan di terapkan menjadi peraturan daerah dan diundangkan dalam lembaran daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Sesuai dengan ketentuan Pasal 322 undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Disampaikanya, bahwa rancangan raperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD yang telah disetujui secara bersama, beserta rancangan peraturan Bupati tentang penjabaran pertanggung jawaban pelaksanaan APBD yang telah ditetapkan oleh Bupati.

” Maka paling lama ( tiga) hari akan disampaikan, kepada Gubernur sebagai Wakil pemerintah pusat untuk dievaluasi, dan apabila hasil evaluasi tersebut tidak ada perubahan mendasar, maka raperda tersebut akan ditetapkan, dan apabila setelah melalui evaluasi yang disampaikan kepada Gubernur, terjadi kekeliriuan maka akan disesuaikan dan disempurnakan kembali raperda tersebut, ” Ungkapnya. (Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.