Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Bupati Minta, Kekurangan 30 Persen e-RDKK Penerimaan Pupuk Subsidi Segera Dicukupi

Loading...

Jember- Bupati Jember dr.Hj.Faida MMR meminta agar segera menuntaskan kekurangan 30 persen data pertanian berbasis sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK), sebagai acuan data petani penerima pupuk subsidi dari pemerintah pusat.

“Termasuk untuk tahun depan tetap menggunakan e-RDKK.Bantuan pupuk dari pusat ataupun daerah tetap dasarnya adalah e-RDKK, ” kata Bupati.

Hal ini disampaikan Bupati Faida, saat melakukan lawatan keliling ke Desa-Desa di wilayah kecamatan Puger bersama Wakil Bupati Drs.KH.A.Muqit Arief dalam rangka membagikan Kartu Tani secara langsung kepada para petani.Rabu, (2/9).

“Hari ini 2750 Kartu Tani dibagikan ke beberapa desa, sekaligus untuk memberikan sosialisasi kepada para petani bahwa kartu tani sejatinya untuk melindungi hak-hak petani, ” terangnya.

Menurut Bupati, Kartu Tani memiliki banyak kegunaan untuk membantu kemudahan bagi petani, diantaranya bisa digunakan untuk
membeli pupuk bersubsidi, sehingga kebutuhan pupuk subsidi tersalurkan dengan tepat.

Tambah Bupati, selain membeli pupuk subsidi dan memenuhi kebutuhan pertanian, Kartu Tani juga bisa digunakan untuk pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tani, yang nanti uangnya bisa digunakan untuk membeli bibit pertanian, obat-obatan, pestisida maupun segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan proses tanam hingga panen.

“Bagi yang belum memiliki kartu tani masih ada kesempatan dengan mendaftarkan melalui ppl kecamatan, poktan maupun gapoktan.Kartu tani ini gratis, jadi untuk yang mau mengurus jangan sampai keliru dianggap ada biaya, ” kata Bupati.

Bupati menyebutkan, saat ini ketersedian stok pupuk subsidi di jember hanya untuk kebutuhan di bulan September, selebihnya akan di cukupi melalui APBD Kabupaten Jember.

“Untuk stok yang ada saat untuk kebutuhan bulan September, dan setelah itu kebutuhan dipenuhi dengan pupuk bersubsidi dari APBD Kabupaten Jember,” pungkasnya. (Tahrir)

Rekomendasi

1 Komen
  1. Arif berkata

    Omong kosong dan pencitraan publik

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.