Terbit : 17 September, 2019 - Jam : 20:32

Bupati Karo Tinjau Jalan Rusak Gang 90 Katepul Kabanjahe

Loading...

KARO – Aksi cepat Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH patut diacungi jempol dalam merespon keluhan warga masyarakatnya.

Padahal keluhan warga yang tinggal di Gang 90, Katepul, Kelurahan Gung Negeri, Kabanjahe hanya masalah saluran pembuangan air limbah (parit) yang masih bisa ditangani Lurah dan Camat Kabanjahe.

Karena ingin melihat langsung dan kebenaran informasi yang didapat akan kondisi parit yang tidak berfungsi serta jalan rusak sepanjang 25 meter.

Bupati didampingi anggota DPRD Karo, Mansur Ginting mengajak Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Camat Kabanjahe Frans Leo Surbakti dan Kabid PUPR Rudi Sembiring, Selasa (17/09/2019) untuk terjun langsung ke lokasi tersebut.

Tiba di lokasi, Bupati disambut Kepala Lingkungan (Kepling) Sakti Meliala dan Kepling Jalan Katepul Musa Brahmana serta beberapa warga Gang 90 yang tak mengetahui akan didatangi orang nomor 1 di Karo.

“Tadi saya sempat kaget dan tak menyangka kalau Bupati yang datang. Karena saya tau hanya Pak Camat. Tapi sebelumnya kami berterima kasih atas respon Bupati kepada kami,” ujar Sakti Meliala.

Untuk itu, disambung Kepling Katepul, tidak sia-sia upaya mereka menyampaikan keluhan warga terkait parit dan jalan rusak  sepanjang 25 meter yang belum diaspal.

“Sebab jika musim hujan datang, jalan ini menjadi becek tergenang air dari parit yang meluber. Bahkan sampe masuk ke rumah warga,” ujar Musa Brahmana.

Semoga dengan datangnya Bupati kesini, ada jalan keluar (solusi) memperbaikinya. Kedua Kepling berharap, ada aksi nyata dari bupati bukan hanya reaksi saja.

Menanggapi hal itu, Bupati Terkelin Brahmana mengarahkan agar Camat dan Dinas PUPR segera mengadakan gotong royong bersama warga membersihkan rumput yang tumbuh disekitar jalan.

“Masalah ini menjadi atensi kita bersama. Camat dan PUPR diharapkan dapat mengajak masyarakat disini untuk bergotong royong. Bersihkan parit dan rumput ilalang yang tumbuh disekitar jalan,” ujar Terkelin.

Saluran parit secara manual dikorek (dinormalisasi) agar bisa tersambung dengan parit yang akan dibuat nanti.

“Segera kerjakan, kalau perlu besok sudah bersih tak bersemak lagi. Karena ini yang menjadi salah satu faktor air tergenang akibatnya jalan menjadi becek. Untuk mengatasi ini harus ciptakan ide kreatif, buatkan biopori disisi jalan agar resapan air berfungsi dengan baik,” tegas Terkelin.

Dikatakan Terkelin lagi, resapan air dibuat hanya untuk sementara, bukan permanen sambil menunggu dana yang akan ditampung.

“Yang penting disaat turun hujan, warga tidak panik lagi. Karena takut rumahnya dimasuki air hujan dan parit,” ujar Bupati.

Setelah mendapat perintah dari bupati, Camat Kabanjahe Frans Leo Surbakti mengatakan akan segera melakukan gotong royong bersama 40 Kepala Keluarga dan para Kepling.

“Kita sudah siap melakukan perintah, dan akan berkolaborasi dengan Dinas Kebersihan dan Dinas PUPR,” ujar Leo. (Anita)

Keterangan foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama anggota DPRD Karo Mansur Ginting dan OPD saat mengecek Gang 90 dan Jalan Katepul Kabanjahe

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.