Terbit : 8 Oktober, 2019 - Jam : 18:12

Bupati Karo Terima Audensi Sembilan Dokter Peserta PIDI Angkatan III Sumut

Loading...

KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, Selasa (08/10/2019) menerima audensi 9 dokter Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) angkatan III Provsu tahun 2019 periode 2019-2020 di ruang kerjanya sekira pukul 11:30 WIB.

Maksud dan tujuan kedatangan para dokter muda selaku peserta PIDI ialah untuk meminta arahan dan dukungan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia di bidang kedokteran.

Sebab, sesuai amanat UU RI No.29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran diharapkan dapat meningkatkan kemahiran, kinerja dan pemandirian serta dapat menerapkan standar kompetensi yang didapat selama pendidikan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Pemkab Karo drg. Irna Safrina br. Meliala saat mendampingi sembilan dokter muda dari berbagai universitas. Yang mana PIDI juga dapat dijadikan wadah untuk menerapkan standar profesi dokter dalam melaksanakan praktik kedokteran melalui proses pelatihan keprofesian pra-registrasi.

“Para peserta PIDI ini akan ditugaskan di wilayah Kabupaten Karo selama satu tahun terhitung dari 2 Oktober 2019 – Oktober 2020. Oleh karena itu, kiranya bupati dapat memberikan arahan, nasihat dan bimbingan selama menimba ilmu,” ujarnya.

Tahapan tersebut merupakan proses prasyarat yang harus dilaksanakan sebelum mendapat kewenangan praktik kedokteran berupa Surat Tanda Registrasi dan Konsil Kedokteran Indonesia yang disebut program internsip.

Disebutkannya, para dokter peserta PIDI yang akan melaksanakan praktik di wilayah Karo diantaranya dr. Yessica Carolina Pasaribu (USU), dr. Firdaus Lusinius Pinem (USU), dr. Ander Meilani (Methodist), dr. Maria Meilinda br. Karo (UNS), dr. Riyadhi Pasca Syahputera (Malikussaleh) dr. Nisa El Hasanah (UMSU) ditugaskan di RSUD Kabanjahe.

Sedangkan tiga dokter lagi yakni dr. Daniel Reiner Sibarani tamatan Universitas (Methodist), dr Ensa Senthya br. Surbakti (Unila) dan dr. Doman Sembiring (UPI) ditugaskan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tigapanah, Kecamatan Tigapanah.

Setelah mendengar penjelasan maksud dan tujuan kedatangan dokter peserta PIDI, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengucapkan selamat datang dan berpesan agar cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat bertugas dan tempat tinggal.

“Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,” narasi ini cocok menjadi pengingat kita agar mempelajari budaya dimana kita berada saat ini. Jadi sebagai dokter dapat mengambil hikmah dan pengalaman disaat bertugas demi memenuhi persyaratan Program Internsip Dokter Indonesia¬†(PIDI),” ujar Terkelin.

Diharapkannya, dengan adanya para dokter peserta PIDI bisa mempermudah akses pelayanan kesehatan (Yankes) terhadap masyarakat. Begitupun dalam peningkatan kualitas dokter dan jaminan keselamatan pasien.

Sekedar diketahui, Internsip adalah proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.(Anita)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.