Bupati Hendy Jelaskan, PPKM Level 3 Penekanan Lebih Detail Fokus Perlingkungan Dan Dusun

NusantaraTerkini.com – Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto bersama Wabup Jember KH. MB. Firjaun Barlaman melakukan uji coba pertama, penerapan Pemberlakuan Pembatasan  Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Desa Kaliglagah, Kecamatan Sumberbaru.Kamis, (22/07/21).

Sesuai Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 (tiga) yang dimulai tanggal 21 sampai dengan 25 Juli mendatang, dimana  Kabupaten Jember masuk kriteria tersebut.

Dalam uji coba pertama ini, Bupati Hendy melakukan tindakan penanganan Covid-19 sekaligus mendorong ekonomi lokal setempat.

“Kali ini saya bersama Wabup juga jajaran Forkopimda bersilaturahmi dengan para warga Desa Kaliglagah. Kami melakukan swab antigen untuk melaksanakan pelacakan, vaksinasi, pembagian paket sembako berisi beras dan masker serta dorongan terhadap UMKM lokal agar tetap eksis,” jelas Bupati Hendy.

Bupati Hendy menjelaskan dalam PPKM level 3 ini, penekanannya terhadap pemantauan yang lebih mendetail dengan fokus per lingkungan atau dusun, sehingga peran Ketua RT dan RW akan dimaksimalkan dalam menyatukan wilayahnya masing-masing.

Kades beserta ketua RT/RW harus teliti setiap warganya, apa yang dipantau mulai dari warganya kemanapun, kesehatannya dari mana, kesehatannya jika sakit dengan gejala Covid-19 maka lapor ke camat agar mendapatkan pertolongan pertolongan, serta klasterisasi di tingkat RT/ RW,” sambungnya.

Selain melakukan pemantauan, Kades beserta Ketua RT/RW harus sering mengedukasi mengenai Covid-19, mengarahkan masyarakat untuk pola hidup sehat, juga berolahraga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Beberapa agenda yang lebih rinci dalam uji coba pertama ini di antaranya, pelacakan kepada 50 orang warga, vaksinasi kepada 300 orang warga, pembagian 1000 paket bantuan berisi beras dan masker untuk warga 10 Desa di Kecamatan Sumberbaru, serta pihak Pemkab Jember membeli produk dari 100 pelaku UMKM lokal setempat.

Sementara itu, Camat Sumberbaru Drs. Budi Susila, M. Si menyampaikan langkah Bupati Jember untuk terjun langsung ke daerah pinggiran ini menjadi dorongan tersendiri dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Sebelumnya kami juga telah rutin menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai perkembangan Covid-19 yang semakin mencekam ini, menyemprotkan desinfektan serta vaksinasi, meningkatkan akan kami tingkatkan lagi volumenya serta mengajak masyarakat untuk pola hidup sehat dan selalu menerapkan protokol kesehatan,” jelas Budi Susila. (Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.