Bupati Empat Lawang Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid

EMPAT LAWANG, Nusantaraterkini.com – Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad meletakan batu pertama pembangunan Masjid Jami’ el-Gontori di lokasi pembangunan Kampus 2 Pondok Pesantren Daarul Kutub el-Gontori, Desa Seleman Ulu Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Selasa (23/8/2022).

Bupati Empat Lawang yang didampingi Sekda Empat Lawang, Ketua DPRD Empat Lawang, bersama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Menag) Kabupaten Empat Lawang, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Empat Lawang, dan sejumlah pejabat lainnya dalama acara itu, turut menyerahkan bantuan sebesar Rp25 juta untuk pembangunan masjid itu.

Dalam sambutannya, Bupati H Joncik Muhammad mengatakan, tahun pertama saat dirinya menjabat, keberadaan pondok pesantren di ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’, baru ada satu pesantren saja.

Namun, pada tahun ke-4 kepemimpinannya, sudah ada banyak pondok pesantren yang sudah berdiri.

Pembangunan pondok pesantren di Empat Lawang ini, kata Joncik, tidak terlepas dari keinginan dirinya bersama Wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana menjadikan kabupaten ini menjadi kabupaten Makmur, Aman, Damai, Nasionalis, Agamis dan Indah (MADANI).

Program MADANI sambung Joncik, terinspirasi dari negeri yang dicontohkan yang dibangun oleh nabi besar Muhammad SAW, terhadap Kota Madina.

Dan dia berharap, Kabupaten Empat Lawang, menjadi negeri yang sudah dicontohkan Rasulallah tersebut.

Di kesempatan ini, selaku kepala daerah, dirinya mengaku bersyukur, ketika ada pengembangan yang dilakukan pengurus Pondok Pesantren Daarul Kutub el-Gontori Kota Pagaralam, telah memilih lokasi pengembangan itu di wilayah Kabupaten Empat Lawang.

“Harapan kita, dengan berdirinya pesantren ini di Empat Lawang, akan makin banyak santri-santri di Empat Lawang, yang hapal al-Qur’an,” ungkapnya.

Bila itu terjadi, sambung dia, harapan dirinya untuk mewujutkan Empat Lawang MADANI menjadi cepat terwujut.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Empat Lawang, KH Abdullah Makki mengatakan, dengan berdirinya Pondok Pesantren Daarul Kutub el-Gontori di Empat Lawang ini, kini sudah ada sekitar 8 unit pendidikan pondok pesantren di Empat Lawang.

“Di Muara Pinang ini saja kini sudah ada dua pondok pesantren. Harapan kita setiap kecamatan ada pondok pesantrennya,” imbuhnya.(Ardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.