Bupati Blitar Rini Syarifah Pantau Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu

NUSANTARATERKINI.COM, BLITAR -Bupati Blitar Rini Syarifah melaksanakan kegiatan pemantauan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu di sejumlah desa di Kabupaten Blitar, Selasa (27/06/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Rini Syarifah didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Izul Marom, sejumlah kepala OPD Pemkab Blitar dan perwakilan Forkopimda.

Bupati Rini Syarifah sangat mengapresiasi partisipasi warga masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan kepala desa antar waktu.

“Saya apresiasi kepada warga yang peduli dengan kegiatan ini, Kepada calon kepala desa antar waktu yang terpilih nanti semoga bisa membawa manfaat masyarakat desa setempat,” kata Bupati saat memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa antar waktu di Desa Selokajang Srengat.

Lebih lanjut, Bupati juga berharap sinergitas antara desa dan Pemerintah Kabupaten Blitar bisa saling mendukung, bersinergi dan berkolaborasi untuk membangun Kabulaten Blitar untuk lebih maju dan sejahtera.

“Saya berharap pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu ini betul-betul tidak ada masalah dibelakang hari, serta nanti hasilnya bisa memuaskan dan saling mendukung,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar Rully Wahyu mengatakan, pada 27 Juni diwilayah Kabupaten Blitar diadakan musyawarah desa dalam rangka pemilihan kepala desa secara PAW.

“Ada 5 Desa yang menggelar pemilihan kepala desa antar waktu yakni, Desa Selokajang Srengat, Ringinanyar Ponggok, Bendosewu Talun, Resapombo Doko dan Ngadri Binangun,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, secara peraturan, pelaksanaan pemilihan kades PAW berbeda dengan pilkades serentak, untuk PAW ketika terjadi karena kekosongan kepala desa. dengan sisa masa jabatan lebih dari satu tahun.

“Maka Bupati menugaskan Pj kepala desa dari unsur PNS daerah sampai dengan dilaksanakan musyawarah desa melalui Pilkades PAW, sehingga sisa masa jabatannya masih lebih dari satu tahun diisi secara PAW ini,” imbuhnya. (Rid/Kmf/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.