Bupati Blitar Apresiasi Pokmaswas Fajar Bengawan Raih Juara 2 Tingkat Nasional

Loading...

BLITAR – Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM mengapresiasi Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Fajar Bengawan pengelola konservasi Badher Bank Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun yang berhasil meraih juara 2 dalam penilaian Pokmaswas teladan tingkat nasional.

Apresiasi tersebut diungkapkan Bupati Rijanto saat menerima tamu dari Pokmaswas Fajar Bengawan yang telah meraih penghargaan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perikanan dan Kelautan. Penerimaan perwakilan tersebut digelar di Ruang Transit Kantor Pemkab Blitar di Kanigoro, Rabu (26/02/2020).

Bupati Blitar Rijanto menjelaskan, Pokmaswas Fajar Bengawan merupakan sebuah komunitas yang melestarikan benih ikan Badher Bank yang bertempat di sungai brantas. Dan ternyata mendapat perhatian dari pemerintah untuk diadakan penilaian tingkat nasional.

“Penilaian tersebut diambil 4 besar dan Pokmaswas Fajar Bengawan mendapat juara 2. Alhamdulillah berkat kerja keras dan bekerja dengan tulus, akhirnya membuahkan prestasi, jadi tidak ada kepentingan lain, melainkan hanya peduli terhadap kelestarian lingkungan,” jelas Rijanto.

Terbit : - Jam : 09:14

Untuk itu, Bupati Blitar berharap kedepan bisa dikelola dengan baik, dan untuk diarahkan menjadi menjadi wisata edukasi. Disamping itu beliau juga berpesan, semuanya sudah baik, manajemennya juga baik dan tolong diupayakan terus ada peningkatan, terutama menyangkut pengelolaan sepanjang aliran sungai brantas.

“Kampung sekitar di Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun sangat bagus dan asri, kalau nanti banyak pengunjung luar daerah yang ingin bermalam disitu bisa pakai home stay,” tambahnya.

Rijanto juga berpesan, karena nanti tidak menutup kemungkinan pengunjung itu banyak, supaya disiplin untuk meningkatkan keamanan, misalnya daya tampung perahu berjumlah empat orang supaya jangan dikasih lebih, karena hal tersebut menyangkut faktor keamanan.

“Semua harus pakai pelampung, kemudian kondisi perahu juga sering dicek dan dirawat, sehingga sekali lagi, faktor keamanan menjadi prioritas,” pungkasnya. (Kmf/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

Aksi Dilarang