Terbit : 16 Januari, 2020 - Jam : 16:06

Bunga Bangkai Mekar di Kelurahan Kemumu

Loading...

BENGKULU UTARA – Wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu Utara sayang jika melewati kesempatan ini. Puspa langka Amorphophallus Titanum atau yang lebih dikenal dengan nama Bunga Bangkai, tengah mekar di kawasan Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya, Bengkulu Utara.

Bunga dengan bau khas ini tumbuh dengan panjang mencapai 2,5 meter. Tumbuhan endemic Sumatera ini diketahui telah mekar selama empat hari. Keberadaanya pertama kali diketahui oleh warga setempat.

Bunga dengan bau khas ini tumbuh pada tebing hutan tidak jauh dari kawasan perkebunan karet milik warga. Untuk menuju lokasi menempuh jarak sejauh 2 km dari jalan raya. Bunga ini diprediksi akan mekar sempurna dalam beberapa hari kedepan jika tidak turun hujan.

Salah satu anggota Pecinta Puspa Langka Bengkulu Utara, Deki mengatakan, bunga ini biasanya mekar hanya dalam waktu beberapa jam. Setelah itu kuncup akan menutup kembali hingga bunga ini layu dan mati. Moment inilah yang umumnya ditunggu para pelancong puspa langka.

Amorphophallus Titanum sulit ditemukan. Pemahaman masyarakat akan perbedaan Bunga Bangkai dan Umbi Porang menjadi musuh dari habitat bunga ini. Masyarakat yang tidak mengetahui kadang mengira umbi Amorphophallus Titanum merupakan Umbi Porang yang dapat dikonsumsi.

Untuk menghindari hal tersebut komunitas Pecinta Puspa Langka Bengkulu Utara berusaha untuk melakukan observasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar puspa langka endemik Sumatera ini tidak punah. (Red/Din)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.