Bunda PAUD OKU Selatan Buka Sosialisasi Pendamping Akreditasi

Loading...

OKU Selatan – Pemerintah daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melalui Dinas Pendidikan menggelar kegiatan Sosialisasi pendampingan akreditasi lembaga penyelenggara pendidikan Anak usia dini dan pendidikan Non formal. Kegiatan dibuka langsung dari Bunda Paud Isyana Loneta Sari Popo Ali di Aula hotel samudra, Selasa (25/02/2020).

Sosialisasi ini dihadiri Ketua Badan akreditasi nasional (BAN) dan Pendidikan Non formal (PNF) Provinsi Sumatera Selatan Dra. Hj. Murniah, M.Si., didampingi Sekretaris, Set Abdullah, S.Kom.,M.Si., dan para peserta sosialisasi.

Isyana Loneta Sari dalam sambutanya menjelaskan, bahwasanya akreditasi lembaga penyelenggara pendidikan Anak usia dini dan pendidikan Non formal adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan dan kinerja satuan program pendidikan.

Sebagai bentuk akuntabilitas publik, akreditasi merupakan alat regulasi diri (Self-Regulation), guna mengenal kekuatan dan kelemahan lembaga pendidikan, dalam melakukan upaya meningkatkan kekuatan dalam memperbaiki kelemahanya.

“Oleh karena itu, Akreditasi lembaga pendidikan sangat lah perlu dilselengarakan. Karena sebagai proses penjaminan mutu layanan prima pendidikan, dalam mencapai Standar Nasional pendidikan (SNP) yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan Zulfakar Dhani, S.Sos., melalui Sekretaris Dinas pendidikan Jaris, S.Pd. dalam sambutanya mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman tentang pelaksanaan akreditasi bagi lembaga penyelenggara program pendidikan anak usia dini dan pendidikan Non formal melalui Aplikasi Sispena.

Sehingga dapat tersosialisasinya mekanisme tiga instrumen akreditasi serta sistem penilaian akreditasi PAUD dan PNF. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan permohonan pengajuan akreditasi oleh lembaga pendidikan PAUD dan PNF di Kabupaten OKU Selatan.

“Kegiatan ini diikuti 87 lembaga pengelola program pendidikan anak usia dini dan pendidikan Non formal di Kabupaten OKU Selatan, terdiri dari PAUD 70 Lembaga, PKMB 10 Lembaga, dan LKP 7 Lembaga,” tuturnya. (Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

Aksi Dilarang