Buka UKW, Walikota Jayapura Inginkan Hanya Wartawan Berkompeten Yang Dilayani

NusantaraTerkini.Com, Papua – Walikota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano berkesempatan membuka langsung Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan atas kerjasama gabungan organisasi wartawan yang terdiri dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) – FJPI (Forum Jurnalis Perempuan Papua) dan IJN (Indonesia Jurnalist Network), Jumat (3/8) pagi.

Dalam kesempatan itu BTM sapaan akrab Walikota Jayapura dengan tegas mengatakan akan memberlakukan wajib berkompeten bagi wartawan yang meliput di Kantor Walikota Jayapura.

“Saya akan tempel selebaran di lingkungan Pemkot agar yang boleh meliput di Kantor Walikota Jayapura adalah wartawan berkompeten (yang sudah UKW- Red),” jelas BTM.

Hal ini diberlakukan dengan maksud agar semua wartawan khususnya di Kota Jayapura dapat berkompeten dengan mengikuti UKW.

BTM mengakui profesi Wartawan adalah profesi yang berat, untuk itu ia mengapresiasi ketekunan wartawan yang tetap mencari berita dalam keadaan apapun.

“Saya selalu dekat dengan pers dari sejak saya jadi camat hingga sekarang. Saya juga berterimaksih atas dukungan pers selama ini karena ikut menjaga keamanan di Kota Jayapura,” jelas BTM.

Untuk diketahui, ada 48 jurnalis dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Serui, Biak, Timika, dan Merauke yang terlibat dalam UKW tersebut.

Beberapa waktu lalu Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengingtakan dealine perusahaan media untuk segera berbadan hukum, dan wartawan kompenten batas waktu hingga Desember 2018. Jika tidak media dan wartawan siap untuk tidak dilayani narasumber, dan akan berhadapan dengan hukum diluar UU Pers. (Faisal N)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.