Buka Turnamen Catur IKA Unisba Cup I, Calon DPD RI Mohammad Trijanto: Jaga Sportivitas

Blitar – Ketua IKA Unisba Mohammad Trijanto dan Rektor Unisba Subiantoro membuka secara resmi Turnamen Catur IKA Unisba Cup I, bertempat di Hall Unisba, Minggu (21/01/2024).

Turnamen catur yang digelar Ikatan Alumni (IKA) Universitas Islam Blitar, tersebut berlangsung meriah dan dihadiri oratusan orang dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Acara yang menggandeng Percasi Kota Blitar sebagai panitia Lomba itu dengan kelas yang diperlombakan mulai tingkat SD, SMP, SMA hingga Umum.

Dalam sambutannya, Ketua IKA Unisba Mohammad Trijanto mengatakan bahwa turnamen catur ini bertujuan untuk mencari talenta para pemain catur muda yang diharapkan bisa membuat lompatan sejarah dengan menjadi juara dunia. Selain itu membumikan catur di Jawa Timur dan berharap menjadi barometer nasional untuk olahraga catur.

“Saya berharap dengan adanya lomba catur ini, para generasi muda bisa menjadi salah satu cara untuk mencari bibit juara pecatur muda yang nantinya bisa membanggakan bangsa. Membumikan Jawa Timur sebagai barometer catur nasional.” kata Trijanto yang juga Calon DPD RI dapil Jatim dalam sambutannya.

Trijanto juga menambahkan, Rektor Unisba Subiantoro akan memberikan gratis pendaftaran kepada pemenang yang masuk ke Unisba. Pendaftaran gratis ini bagi pemenang pertama sampai ketiga lomba catur.

Trijanto berpesan kepada seluruh peserta lomba catur agar menjaga sportivitas dalam pertandingan. Karena didalam lomba catur ini dibutuhkan kematangan dalam berpikir, untuk menyelesaikan masalah secara cepat, strategis dan tentunya bisa menjadi pemenang dalam pertandingan.

Trijanto juga berpesan, tahun 2024 merupakan tahun politik, dimana seperti bermain catur maka masyarakat harus bisa melangkah dan memilih yang tepat agar tidak salah langkah. Dengan melihat rekam jejak pemimpin agar tidak salah memilih dalam pesta demokrasi.

Sementara, Rektor Unisba Subiantoro mengatakan turnamen catur IKA Unisba ini baru pertama kali diadakan. Jika banyak peserta peminatnya akan bisa di jadikan lomba catur IKA Unisba untuk perlombaan tahunan.

Tidak hanya itu, Rektor Subiantoro juga mengatakan bahwa event ini sangat positif salah satunya dampak ekonomi yang dihasilkan bagi masyarakat sekitar. Karena dalam event ini banyak masyarakat sekitar yang berjualan dan daya beli berasal dari para peserta catur atau rombongan yang mengantarkan.

Sekretaris percasi Blitar Sangit Pambudi mengungkapkan, ada sekitar 400 peserta yang mengikuti tournament ini. Mereka berasal dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

“Dari barat, ada Pacitan, Ngawi dan sekitar, sedang dari wilayah timur ada yang dari Probolinggo Jember dan sekitar,” katanya.

Turnamen ini menggunakan sistem swiss dengan tujuh putaran atau pertandingan. Pemenang adalah peserta dengan poin tertinggi.

“Kalau menang memiliki satu poin, seri mendapatkan setengah poin dan nol untuk yang kalah. Jika peserta menang selama enam kali dan satu kali seri, itu sudah dipastikan menjadi juara,” katanya.

Dalam event lomba catur ini, para kontestan akan memperebutkan hadiah total 13 juta rupiah. Dengan juara umum akan mendapatkan uang pembinaan, tropi dan piala dengan total 2 juta rupiah. (red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.