Buka Rembug Perencanaan Arah Kebijakan Pembangunan Daerah 2021-2026, Ini Harapan Walikota Blitar

KOTA BLITAR, NUSANTARATERKINI.com – Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd menghadiri dan membuka secara resmi acara Rembug Perencanaan Arah Kebijakan Pembangunan Daerah 2021-2026, yang diselenggarakan di salah satu rumah makan di Kota Blitar, Rabu (17/03/2021).

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Blitar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Blitar itu juga dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Blitar, narasumber dan para Camat.

Walikota Blitar Santoso mengatakan, acara Rembug Perencanaan Arah Kebijakan Pembangunan Daerah 2021-2026 ini menghadirkan Muchamad Taufik selaku narasumber dari Widyaiswara bagian diklat BPSDM Prov Jawa Timur.

“Jadi, masukan-masukan dan pengalaman narasumber dalam rangka menyempurnakan konsep RPJMD ini sangat kita harapkan. Saya berharap nantinya Bappeda bisa menyempurnakan konsepnya, sehingga nanti pada saatnya Musrenbang konsep itu sudah sempurna,” kata Santoso usai kegiatan.

Ia menjelaskan, untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ini pada tataran bagaimana seluruh OPD mampu menterjemahkan visi dan misi kedalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan skala prioritasnya kembali pada masing OPD.

Disamping itu, sambungnya, sejalan dengan konsep dari pemerintah pusat yakni bagaimana untuk pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

“Untuk visi-misi, salah satunya yakni mewujudkan program Rp. 50-100 juta tiap RT/ RW dan pemasangan wifi masing-masing RT/RW itu menjadi skala prioritas, sehingga diharapkan bisa membantu kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Muchamad Taufik sebagai narasumber mengatakan, Arah Kebijakan Pembangunan Daerah selama lima tahun kedepan memakai landasan filosifis untuk mewujudkan prioritas pembangunan disetiap tahunnya.

“Artinya, filosofi “Blitar Keren” itu akan menjiwai seluruh program prioritas disetiap tahunnya, sedangkan untuk operasionalnya adalah mewujudkan kemakmuran, keunggulan dan menjadikan Kota Blitar bermartabat,” pungkasnya. (Hms/Adv)

 

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.