Buka Rakorda SP 2020, Sekda Kota Blitar : Susksesnya Sensus Penduduk, Suksesnya Pembangunan

Loading...

KOTA BLITAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menyambut positif diselenggarakannya sensus penduduk, mengingat sensus penduduk pada dasarnya merupakan kegiatan yang sangat penting bagi perencanaan pembangunan.

Hal itulah yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar, Rudy Wijonarko saat membuka acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Penduduk (SP) 2020, bertempat di salah satu Hotel di Kota Blitar, Selasa (18/02/2020).

“Melalui sensus penduduk, diharapkan akan tersedia informasi kependudukan secara rinci dan informasi lainnya untuk keperluan perhitungan berbagai parameter demokratis, diantaranya angka kelahiran, angka kematian, dan angka harapan hidup,” ucap Sekda Rudy membacakan sambutan Plt Wali Kota Blitar Santoso.

Lebih lanjut disampaikannya, sensus penduduk merupakan suatu kegiatan besar yang membutuhkan peran serta berbagai pihak, termasuk seluruh komponen masyarakat, sehingga partisipasi aktif dari masyarakat yang melaksanakan kegiatan ini akan sangat mendukung keberhasilan kegiatan sensus penduduk 2020.

“Untuk itu, data hasil sensus penduduk merupakan data pijakan bagi program-program pemerintah yang berkelanjutan, mengingat susksesnya sensus penduduk merupakan langkah awal suksesnya pembangunan,” terang Sekda.

Terbit : - Jam : 10:57

Ditambahkannya, sensus penduduk bukanlah hal yang mudah dan dalam pelaksanaanya tentu akan banyak menemui hambatan. hambatan tersebut misalnya, hambatan kultural, teknis, lokasi, minimnya waktu, hambatan mobilitas masyarakat yang meningkat, pengetahuan masyarakat yang beragam dan sebagainya.

“Dan hambatan tersebut sejak dini kita antisipasi dan kita cari solusinya, dengan harapan ketika sensus penduduk telah berjalan maka berbagai hambatan tersebut dapat diminimalisir,” tandas Rudy.

Untuk itu, Pemkot Blitar mengapresiasi Badan Pusat Statistik yang sudah menyiapkan strategi khusus menyikapi hambatan melalui metode online dan verifikasi lewat wawancara.

“Tanpa proses wawancara langsung dengan petugas, masyarakat dapat mengakses melalui laman sensus.bps.go.id dengan menggunakan handphone atau komputer,” tutup Sekda Rudy. (Hms/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

Aksi Dilarang