BPP Tamiang Hulu Terbaik se Aceh Tamiang

Loading...

ACEH TAMIANG – Badan Penyuluh Pertanian (BPP) kecamatan Tamiang Hulu terbaik se Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Dalam bidang pembangunan pertanian dan produksi.

Predikat terbaik tersebut diraih dalam keberhasilan BPP Tamiang Hulu, melakukan pendampingan, penyuluhan pertanian, sebagai ujung tombak pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan mutu pertanian didaerah tersebut.

Selain predikat BPP terbaik 2019, juga ada Perlombaan bagi Kelompoktani, Kelompok Wanita Tani (KWT), Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Terbaik tingkat Kabupaten.

Bupati Aceh Tamiang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Zulfiqar, mengatakan bahwa; pembinaan masyarakat tani harus dilakukan secara berkesinambungan melalui kelompoktani, dengan memberikan pendampingan dan pembinaan untuk mengubah pengetahuan dan keterampilan petani dalam mengelola usahatani.

Masih Zulfiqar, Pemerintah Kabupaten mempunyai komitmen yang tinggi menggerakan pembangunan pertanian di Bumi Muda Sedia. Karenanya, Bupati, sebutnya memiliki harapan yang besar kepada dinas tersebut untuk mewujudkan cita-cita besar itu.

“Harapan kami, semoga Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perternakan dapat memberikan pelayanan penyuluhan secara maksimal sebagai ujung tombak pemerintah dalam program pembangunan pertanian, termasuk peningkatan produksi pertanian,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Yunus, mengatakan penilaian ini sebagai bentuk evaluasi sekaligus apresiasi kepada Kelompoktani, Kelompok Wanita Tani (KWT), Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) terbaik agar terwujudnya sumberdaya yang ada untuk kemajuan pertanian.

“Mari terus kita gerakkan pembangunan pertanian dengan menerapkan teknologi unggulan dan sesuai dengan potensi lokalita,” sebut Yunus.

Pada perlombaan tersebut, selain BPP Tamiang Hulu, hasil penilaian juga menempatkan BPP Bandar Pusaka sebagai Terbaik Kedua, dan BPP Karang Baru sebagai Terbaik Ketiga.

Pada kategori Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Terbaik Tahun 2019, peringkat Pertama diberikan kepada Syarifah Fitriani, PPL Karang Baru. Predikat Terbaik Kedua diraih Jamaluddin Yusri, PPL Banda Mulia. Sementara Zulfan Abidin, PPL Tamiang Hulu menjadi Terbaik Ketiga.

Selanjutnya, pada kategori Kelompoktani, Terbaik Pertama Tahun 2019 dimenangkan oleh Kelompoktani Surya Jaya, Kampung Wonosari Kecamatan Tamiang Hulu. Hasil ini disusul Kelompoktani Wonogiri Jaya, Kampung Telaga Meuku II Kecamatan Banda Mulia sebagai Terbaik Kedua.

Posisi Terbaik Ketiga dimenangkan oleh Kelompoktani Maju Bersama, Kampung Sunting Kecamatan Bandar Pusaka.
Kemudian, Kelompok Wanita Tani (KWT) Terbaik Pertama Tahun 2019 dimenangkan oleh KWT Sri Rezeki, Kampung Purwodadi Kecamatan Kejuruan Muda, Terbaik Kedua diberikan pada KWT Mekar Jaya, Kampung Telaga Meuku II Kecamatan Banda Mulia.

Posisi Terbaik Tiga diraih oleh KWT Karomah, Kampung Pante Cempa Kecamatan Bandar Pusaka. Penilaian kinerja dan evaluasi kepada BPP, PPL, Kelompoktani dan Kelompok Wanita Tani dilakukan secara berkala. Periode penilaian dilakukan sejak pekan terakhir bulan September sampai dengan medio November setiap tahunnya.

Hasil penilaian kemudian diumumkan melalui kegiatan Penyerahan Hadiah Perlombaan bagi Kelompoktani, Kelompok Wanita Tani (KWT), Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Terbaik tingkat Kabupaten.

Hadir dalam acara ini Ketua Komisi II DPRK, Samuri, beserta sejumlah anggota DPRK, M. Saman, Salbiah dan Rosmalina, Camat Tamiang Hulu, M. Nur beserta unsur Forkopimcam, Kepala BPP dan para PPL se-Aceh Tamiang, para pengurus Kelompoktani dan Kelompok Wanita Tani se-kabupaten, Pengurus TP-PKK Kabupaten, serta para petani dan sejumlah tamu undangan lainnya. (Syawaluddin).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.