BPN Pringsewu Gelar Penyuluhan PTSL

Loading...

Pringsewu – Badan Pertanahan Nasional (BPN) kecamatan Pagelaran Utara, Pringsewu, memberikan penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020 di Pekon Gunung Raya, yang dilaksanakan di kantor pekon setempat, Senin (20/02/2020).

Disampaikan oleh pihak tim BPN Peringsewu, penyuluhan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang proses sertifikasi tanah melalui program PTSL yang dicanangkan pemerintah.

“Sosialisasi ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa PTSL ini merupakan progam strategis Presiden Jokowi agar masyarakat memiliki kepastian hukum atas hak tanah yang mereka miliki, jadi ini perlu diketahui oleh masyarakat, Pembuatan sertifikat tanah itu langsung ditangani oleh tim II, karena banyak sekali lokasi yang harus kita ukur,” ungkapnya, Kamis (20/02/2020).

Dan juga, pihaknya menegaskan berikut adalah tahapan pelaksanaan PTSL 2020;
– Penyuluhan
– Pengumpulan Data
– Pengukuran
– Sidang Panitia Atas
– Pengumuman dan Pengesahan
– Penerbitan Sertifikat

Sementara untuk persyaratan PTSL ialah;
– KTP dan KK
– Akta Jual Beli, Hibah
– Berita Acara Kesaksian
– Tanda Batas yang Terpasang dan dapat persetujuan pemilik batas
– Bukti setor BPHTB dan PPH
– Surat Permohonan dan pernyataan peserta.

Selanjuynya kepala pekon Gunung Raya, Toyim Yusuf menambahkan, Bayak orang dari luar, dari Talang Padang, Rantau Kijang, yang memiliki lahan tanah di pekon Gunung Raya ini, mohon dapat menjadi pertimbanggan dari pihak BPNnya. Agar pelaksanaan PTSL ini dapat berjalan lancar dan cepat selesai.

”Yang pastinya untuk masyarakat di pekon Gunung Raya ini seluruhnya belum ada memiliki sertifikat,” pungkas Toyim Yusuf.

Tim kejaksaan pringsewu menghimbau, bahwa kepada seluruh masyarakat agar dapat mendapatkan sertifikat. dan program PTSL ini adalah gratis tidak ada tarikan biaya. jika ada.

“Adanya kepala pekon Gunung Raya bahwa menjelaskan tadi seluruh masyarakat pekon Gunung Raya seluruhnya belum memiliki sertifikat, semoga semuanya dapat memiliki sertifikat,” tukasnya. (Davit)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

Aksi Dilarang