BPBD Brebes Edukasi Kebencanaan di Pruwatan Bumiayu

Brebes – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memberikan edukasi kebencanaan kepada warga masyarakat di lokasi TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2021 Kodim 0713 Brebes. Kamis (18/3/2021).

Lukman Suyatno, selaku narasumber dari BPBD Brebes menjelaskan, tujuan diberikan pengetahuan kebencanaan dalam kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung, agar warga Desa Pruwatan setidaknya dapat mengantisipasi bencana alam sedini mungkin.

“Memang bencana alam datangnya tidak dapat dicegah, namun masyarakat setidaknya mengetahui upaya antisipasi dini untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa,” terangnya.

Lanjutnya, penanganan bencana alam bukan tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi pihak, termasuk seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, manajemen bencana juga harus dimiliki desa, mulai dari tahap pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana.

Ia mencontohkan tentang manajemen bencana di tahap tanggap darurat adalah relawan evakuasi, pendirian dapur umum, pendirian tenda, pengamanan desa, dan pengamanan jalur evakuasi.

“Pihak desa kita dorong untuk membentuk relawan-relawan siap siaga bencana dan dilatih secara berkala, karena jika mereka terlatih atau tahu tentang tugas dan tanggung jawabnya masing-masing saat terjadi bencana maka penanganannya cepat dan tepat,” sambungnya.

Pihaknya siap membantu Pemdes untuk melatih para relawan desa selama 5 hari, dimana anggarannya bisa diambilkan dari dana desa.

Ulin, selaku Ketua Karang Taruna Gelora muda Desa Pruwatan menilai bahwa pembekalan/pelatihan penanggulangan bencana secara periodik sangat diperlukan untuk mempertajam keterampilan para relawan masyarakat.

Dirinya berharap, pasca edukasi yang disampaikannya juga dapat mendorong kesadaran warga di desanya untuk menjadi relawan bencana.

Untuk peserta kegiatan ini hanya menghadirkan perwakilan dari warga setempat, sebagai langkah protokol kesehatan covid-19. (Aan S/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.