Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

BLT dari Dana Desa di Sekadau Fokus pada Warga yang Belum Dapat Bantuan

Loading...

Sekadau – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bayu Harsono   menjelaskan,  Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa tahap II  tahun 2020 akan segera cair bagi warga Sekadau terdampak pendemi covid – 19. dan belum menerima program  bantuan Hal ini dijelaskannya pada Selasa (12/5/2020) di kantor Pemdes Sekadau.Kalimantan Barat.

Lebih rinci dijelaskan setiap kepala keluarga akan mendapatkan Rp600.000 selama tiga bulan yaitu April , Mei dan Juni sehingga total menjadi Rp1,8 juta. Dengan ketentuan , keluarga penerima BLT DD tidak terakomodir pada bantuan pemerintah lainnya..

” BLT Dana Desa tersebut akan fokus kepada warga desa terdampak Covid-19 selama ini belum menerima program bantuan  lain dari pemerintah.” katanya.

Pada kesempatan tersebut diharapkan warga desa, terdampak Covid-19 bisa  terbantu dengan peralihan dana desa ke bantuan langsung, sehingga uangnya bisa dibuat untuk kebutuhan sehari-hari dan warga benar – benar terbantu.

“BLT Dana Desa ini fokusnya  warga miskin yang belum menerima PKH, yang belum menerima bantuan pangan non tunai, yang belum menerima kartu pra kerja,” jekasnya.

Lebih lanjut, dijelaskan , Kepala Desa di 87 desa di Sekadau supaya segera mendata warga desa yang dianggap layak mendapat BLT Dana Desa dan mekakukan perubahan APBD desa  dari Pemkab akan mempersiapkan Surat Edaran Bupati Sekadau.

“Pendataan sangat perlu untuk menghindari tumpang tindih penerima bantuan secepat mungkin  pendataan supaya bisa dipastikan jumlah keluarga penerima dan disesuaikan dengan kemampuan desa” katanya.

Pada kesempatan ini disampaikan Bayu Harsono, regulasi jadi landasan penyaluran BLT  adalah Surat Edaran Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2020 dengan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19. (jr)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.