Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Bisa Mengobati Pasien Corona ?, Ini Dia Khasiat Buah Mengkudu

Loading...

Buah mengkudu atau yang juga dikenal dengan nama lain noni itu memang telah digunakan sejak lama untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan detoksifikasi.

Jus mengkudu dikatakan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengkudu mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin B3, vitamin A, dan zat besi. Kandungan tersebut dapat membantu menyembuhkan penyakit.

Berikut khasiat-khasiat buah mengkudu yang diolah menjadi jus yang mungkin belum banyak diketahui:

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jus mengkudu memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi, dan anti histamin. Sifat-sifat itu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Minum jus mengkudu secara teratur dapat memberi kekuatan untuk melawan banyak penyakit di dalam tubuh.

  1. Mengobati Demam

Jus mengkudu dapat menyembuhkan flu, batuk, demam, dan nyeri tubuh. Seperti yang diketahui, gejala-gejala tersebut umum ditemui pada pasien yang terinfeksi virus SARS-CoV-2. Salah satu rumah sakit di Makassar memberikan jus mengkudu pada 33 pasien positif Covid-19. Jus mengkudu diklaim dapat membantu proses penyembuhan pasien dari infeksi virus corona. Seperti dilansir dari Times Indonesia, Jumat (22/5/2020).

Hasil tes 33 pasien itu langsung negatif setelah masing-masing diberi minum 2 botol jus mengkudu yang mereka namai Jus C-19.

Jus mengkudu diberikan kepada 33 pasien yang telah dinyatakan positif terpapar virus corona dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Dadi di Makassar.

Mendengar berita tersebut, Direktur RSUD Jombang, Jawa Timur, Pudji Umbaran, mengajurkan masyarakat Kota Santri tersebut untuk ikut mengonsumsi jus mengkudu.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Rajin meminum satu gelas jus mengkudu setiap hari dapat meningkatkan aliran darah di pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah. Oleh karenanya dapat menjaga kesehatan jantung.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan dalam jus mengkudu juga bisa melindungi tubuh terhadap tumor. Sifat anti kanker dan antioksidannya juga dikatakan dapat membantu mengurangi gejala kanker payudara dan mencegah tumor kanker tumbuh di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kadar Asam Urat

Akumulasi kristal asam urat di persendian dapat menyebabkan nyeri hebat pada persendian. Jus mengkudu bisa mengatasi kondisi tersebut karena membantu mengurangi asam urat dalam darah. Selain itu, jus ini juga menurunkan risiko seseorang terkena asam urat.

  1. Menghilangkan Stres

Mengonsumsi satu gelas jus mengkudu setiap hari dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol dan mengurangi stres. Selain itu jus mengkudu juga diklaim bermanfaat bagi kesehatan otak karena sifat antioksidan dan antiinflamasi. Sifat-sifat itu bertindak sebagai pelindung terhadap kerusakan otak.

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.