Terbit : 18 September, 2019 - Jam : 22:15

Bhakti Sosial HUT TNI Disambut Ribuan Masyarakat Batang

Loading...

Batang – Ribuan masyarakat dari Kabupaten Batang dan sekitarnya, mendapatkan berkah dari aksi sosial yang digelar Kodam IV Diponegoro dalam menyambut HUT TNI Ke-74 dan Kodam Ke-69.

Pemusatan kegiatan dilakukan di Alun-alun Batang, dihadiri langsung Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, Wakapolda Jateng dan Wagub Jateng, bersama masing-masing rombongan. Rabu (18/9/2019).

Kegiatan sosial ini diharapkan menjadikan obat dahaga masyarakat akan kebutuhan mendasar termasuk layanan kesehatan.

Pangdam menyatakan, bahwa kegiatan adalah wujud kepedulian dan kesetiakawanan sosial dari TNI terhadap masalah kemanusiaan. Macamnya meliputi pelayanan KB Kes, pemeriksaan gigi dan mata, pembagian kacamata gratis, pengobatan umum, sunatan masal, pemeriksaan laboratorium sederhana serta pembagian Sembako untuk masyarakat kurang mampu.

Melalui momentum ini, Pangdam berharap dapat digunakan sebagai wahana memelihara dan memperkokoh silaturahmi, rasa kebersamaan dan kekeluargaan serta kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Kegiatan ini diharapkan tidak hanya hari ini saja, namun kedepan semangat gotong royong dan saling membantu harus terus terbina. Ini mengingat Jati Diri TNI. TNI adalah Tentara Rakyat, sehingga tanpa dukungan mereka, program-program TNI tidak akan terlaksana maksimal,” ucap Mochamad Effendi.

Tak hanya pelayanan kesehatan, juga dilaksanakan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sebanyak 60 unit, lomba rakyat berupa tarik tambang dan egrang, lomba marching band serta diadakan pasar murah/bazar.

Bagi para mahasiswa dan pelajar, juga diberikan materai wawasan kebangsaan tentang cegah tangkal radikalisme dan kebhinekaan yang digelar di Pendopo Kabupaten, dengan narasumber dari BNPT pusat.

Baksos ini terselenggara berkat kerjasama antara Kodam dengan Pemkab Batang, Pemprov Jateng, serta para stakeholder lainnya. Dipilihnya Kabupaten Batang sebagai pemusatan kegiatan, karena banyaknya sasaran masyarakat untuk dipenuhi.

Sementara di hari yang sama, juga dilaksanakan penghijauan berupa penanaman mangrove di Pantai Panjang Baru Kabupaten Pekalongan.

Pada kesempatan ini, Pangdam juga mengajak kepada seluruh unsur yang terlibat agar melaksanakan kegiatan dengan gembira, solid dan sinergis dilandasi rasa tulus ikhlas, sehingga tujuan pokoknya dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. (Utsm-Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.