Besurek, Kain Batik Khas Dari Bengkulu

NusantaraTerkini.Com – Jalan-jalan ke kota Bengkulu, janganlah lupa membeli kain khas dari Bengkulu. Nama kain khas Bengkulu ini adalah kain batik Besurek. Nama besurek memang terdengar lucu dan unik, tidak semua orang bisa mengucapkannya. Butuh beberapa kali belajar mengucapkannya, baru akan fasih. Awas jangan sampai lidah keseleo.

Nama Besurek diambil dari kata khas Bengkulu yang artinya bersurat atau berkirim surat. Sama artinya dengan istilah umum, dalam bahasa Indonesia. Yaitu,  berkirim surat.

Desain kain batik Besurek ini memiliki ciri khas yang mudah sekali untuk dikenali oleh sebagian orang. Salah satunya adalah warnanya yang terang atau ceria bahkan terkesan mencolok. Sangat berbeda dengan kain khas daerah lainnya. Dengan warnanya yang lebih kalem dan lembut. Lalu ciri khas selanjutnya adalah motif atau desain bunga Rafflesia yang menjadi ikon Bengkulu itu sendiri. Pada hampir sebagian desain kain batik Besurek ini, pasti ada gambar bunga Rafflesia dengan warna yang mencolok.

Yang terakhir, ciri khas kain batik Besurek ini adalah motif tulisan atau huruf Arab yang terdapat pada setiap lembar kain Besurek.  Desain tulisan Arab ini seperti kaligrafi. Biasanya tulisan Arab ini bercampur dengan gambar bunga Rafflesia dan bentuk motif lainnya. Kumpulan berbagai motif inilah yang membuat kain batik Besurek terlihat indah dan menarik.

Untuk menggalakkan penggunaan kain Besurek dalam berbagai lini kehidupan masyarakat Bengkulu, baik digunakan untuk pakaian seragam, untuk tas, selendang, topi, lukisan atau pigura,  dan kreasi lainnya yang menggunakan bahan baku kain batik Besurek.

Pemerintah Bengkulu juga sangat peduli dengan kelestarian kain batik Besurek ini, dengan mengadakan karnaval batik Besurek pada setiap tahunnya. Selain ada karnaval batik Besurek yang diikuti oleh berbagai kalangan yang ada di Bengkulu. Mulai dari sekolah, para ASN, Instansi BUMN , Swasta sampai masyarakat umum. Turut Serta untuk memeriahkan karnaval batik Besurek ini.

Sampai tahun 2018, sudah lima kali digelar karnaval batik Besurek, semuanya sukses mendulang ribuan peserta yang menggunakan berbagai bentuk motif, desain dan kreasi baju kain batik besurek. Mereka akan berjajar rapi di sepanjang jalan, untuk memperlihatkan ide dan kreativitas mereka tentang batik Besurek. Sementara itu para penonton, juga berjejer rapi di pinggir jalan untuk melihat. Para penonton ada yang mengambil gambar, membuat video. Bahkan ada juga yang mengajak swafoto para peserta karnaval.

Untuk memeriahkan karnaval batik Besurek ini, pemerintah juga mengadakan berbagai jenis lomba dengan hadiah yang sangat menarik sehingga para peserta juga antusias.

Buat kamu yang ingin membeli kain batik Besurek, ketika ke Bengkulu, bisa membelinya di Jalan Anggut Atas di pusat oleh-oleh khas Bengkulu . Banyak dijual berbagai jenis kain batik Besurek dengan berbagai desain dan bahan. Dengan harga yang bervariasi tergantung dengan bahan kain yang digunakan. Selain itu ada jenis batik tulis dan batik cap atau print.

Di sana juga dijual berbagai hasil kerajinan kain batik Besurek, selain baju jadi. Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan. Untuk para kolektor kain khas Nusantara, tersedia juga berbagai kain batik Besurek yang memang menjadi koleksi langka atau dibuat secara terbatas dengan pengerjaan secara manual atau dilukis langsung seperti proses membantik pada umumnya.

Untuk harga, kain batik Besurek dijual sangat terjangkau, dari harga Rp. 12.500,00 permeter hingga jutaan rupiah. Tergantung barangnya.

Jadi, bila ke Bengkulu, janganlah lupa membeli kain batik Besurek. Untuk dipakai sendiri atau juga untuk dijadikan oleh-oleh. Buah tangan kain batik Besurek, tentu saja akan disukai banyak orang.(red/adv)

 

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.