Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Bertugas di TMMD Reguler Brebes, Babinsa Motivasi Peternak Kambing di Musim Kemarau

Loading...

Brebes – Tidak ingin pulang dengan tangan hampa saat bertugas di lokasi TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Serda Anang Jatmiko, menimba ilmu tentang beternak kambing di musim kemarau yang sulit hijauan.

Tampak dirinya di kandang ternak kambing milik Saryono (50), warga Dukuh Kutagaluh RT. 01 RW. 02, Kalinusu, yang boleh dibilang sukses memiliki 15 ekor kambing dari satu indukan. Minggu (27/9/2020).

“Sharing tentang cara budidaya kambing dengan pakan tambahan, saya lakukan di sela-sela tugas meliput kegiatan terkait TMMD Reguler di Kalinusu. Termasuk mensosialisasikan akan adanya penyuluhan ternak dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Brebes, dalam waktu dekat ini di kegiatan non fisik TMMD,” ungkap Anang.

Sementara itu Saryono menyatakan apresiasinya kepada DPKH Kabupaten Brebes, yang akan memberikan tambahan wawasan baru kepada para peternak di desanya itu.

Dirinya berharap, penyuluhan atau pelatihan yang akan diberikan nantinya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi para peternak setempat.

“Para peternak disini rata-rata kesulitan mencari pakan ternak saat musim kemarau, sehingga materi tentang pembuatan pakan komplit (complete feed) secara fermentasi sangat tepat,” ujarnya berharap.

Menurutnya, adanya ilmu pembuatan pakan ternak yang tepat untuk ruminansia itu (kambing, domba, sapi, dan kerbau), pasti sangat berguna untuk menjaga asupan gizi ternak.

Dengan tambahan ilmu maka limbah pertanian seperti batang padi dan jagung, dapat dimanfaatkan dengan maksimal sehingga para peternak dapat memangkas biaya pembelian konsentrat pengganti rumput. (Dar/Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.