Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Berkat TMMD Reguler Brebes, Jalan di Tengah Sawah Kalinusu Kini Ramai

Loading...

Brebes – Belum juga jalan antar dusun sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, rampung dikerjakan melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, namun lalu lintas sudah terlihat ramai namun lancer di areal persawahan.

Tampak mobil pengangkut material berpapasan dengan sepeda motor warga setempat, layaknya jalan yang sudah lama di bangun, padahal 100 persen jalan masih tanah liat dan belum ada pemadatan. Selasa (29/9/2020).

Edy (36), sopir pick up pengangkut material untuk suplai pembangunan jalan TMMD mengatakan, semenjak jalan telah terbuka dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri yang selama ini terisolir, banyak warga yang sudah berlalu-lalang untuk berbagai aktivitas.

Sementara dijelaskan Babinsa Kalinusu dari Koramil 08 Bumiayu, Sertu Eko Nuhyoto, bahwa sebagian besar yang melintas adalah warga setempat dan juga para pedagang keliling yang mengais rezeki dengan adanya ratusan anggota Satgas TMMD, dan juga masuk ke wilayah Dusun Kedung Kandri.

“Sawah yang akan segera menjadi jalan setelah dipasang talud oleh Satgas TMMD dan masyarakat, nantinya akan menjadi jalan tersingkat bagi warga Kedung Kandri untuk beraktivitas ke kantor desa, Polindes Kalinusu, sekolahan bagi anak-anak, ke pasar terdekat, dan juga ke Ibukota Kecamatan maupun Kabupaten,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, warga Dukuh Kedung Kandri sebelumnya harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu/rakit untuk mendapatkan fasilitas umum terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.

Mereka harus membayar ongkos rakit seribu rupiah per kepala, Rp. 2 ribu/sepeda dan Rp. 5 ribu/unit sepeda motor. Kini mereka hanya memerlukan waktu 10 menit jika akan ke kantor desa. (Rus/Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.