Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Berkat Jalan TMMD Reguler Brebes, Jualan Siomay Bisa Sampai Kedung Kandri

Loading...

Brebes – Sangat simple bayangan dari Hasanudin (45), pedagang siomay keliling asal Dusun Glempang RT. 03 RW. 04, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, manakala jalan di desanya sudah tembus ke Dusun Kedung Kandri yang dibangun sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter dari Dusun Karanganyar melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati Brebes dan TNI dari berbagai kesatuan yang telah membangun jalan ke arah Kedung Kandri yang selama ini terisolasi,” ungkapnya, Sabtu (3/10/2020).

Apresiasinya itu sudah sangat jelas, jalan TMMD itu kini menjadi akses baginya ke Kedung Kandri sehingga ada harapan tambahan penghasilan dari warga dusun tetangganya itu.

Dia menuturkan kondisi mengakses Dusun Kedung Kandri sebelumnya, tidak ada akses jalan sehingga membuat dirinya enggan berjualan keliling sampai kesana.

“Dulu sebelum ada jalan TMMD itu, warga Dusun Kedung Kandri harus menyeberang Kali Pemali dengan rakit dan memutar melewati sejumlah desa di Kecamatan Bantarkawung dan Bumiayu, hanya untuk ke Balai Desa Kalinusu dan ke sejumlah dusun di desanya Kalinusu,” bebernya.

Tak hanya itu, waktu memutarnya pun tak main-main yaitu 45 menit lebih, padahal jaraknya hanya sejauh 8 kilometer saja. Naik rakit itu adalah hambatan tersendiri, termasuk harus membayar ongkos penyeberangan sebesar seribu rupiah per kepala, Rp. 2 ribu/sepeda dan Rp. 5 ribu/unit sepeda motor.

Ditambahkannya, sementara jika Kali Pemali banjir, warga Kedung Kandri benar-benar terisolasi karena tidak bisa kemana-mana, begitu juga anak-anak sekolah ke wilayah Desa Bantarkawung, Kecamatan Bantarkawung. (Dar/Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.