Berikut Pandum Fraksi GPN DPRD Kabupaten Blitar Atas Ranperda RPJPD 2025-2045

Blitar – Fraksi Gerakan Pembangunan Nasional (GPN) DPRD Kabupaten Blitar menyampaikan pandangan umumnya (pandum) terhadap penjelasan Bupati atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Blitar Tahun 2025-2045.

Pandangan umum itu disampaikan juru bicara Fraksi GPN DPRD Kabupaten Blitar Heni pada Rapat Paripurna yang diselenggarakan di Graha Paripurna DPRD setempat, Kamis 13 Juni 2024.

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito, didampingi Wakil Ketua Muhammad Rifa’i dan Mujib. Turut hadir, Bupati Blitar Rini Syarifah, perwakilan Forkopimda, Sekda Kabupaten Blitar dan Kepala OPD Pemkab Blitar serta sejumlah anggota DPRD Kabupaten Blitar.

Salah satu pandumnya yakni pihaknya berharap, kearifan lokal Kabupaten Blitar hendaknya sebagai dasar fundamental dalam menyusun RPJPD Kabupaten Blitar tahun 2025–2045.

“RPJPD merupakan rumusan arah kebijakan pembangunan jangka panjang selama 20 tahun ke depan yang berkelanjutan. Kami berharap, kearifan lokal Kabupaten Blitar hendaknya sebagai dasar fundamental dalam menyusun RPJPD Kabupaten Blitar tahun 2025–2045.” kata Heni membacakan pandangan umumnya.

Ia menambahkan, Indonesia Emas di tahun 2045. Sektor- sektor yang menjadi keunggulan dan mata pencaharian bagi masyarakat Kabupaten Blitar harus tetap terjaga. Potensi wisata yang begitu melimpah bisa dioptimalkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Potensi Wisata yang dimaksud adalah potensi wisata bahari yaitu Pantai Selatan, wisata religi yaitu peninggalan situs-situs budaya, wisata alam seperti lereng gunung kelud dan gunung kawi, serta Wisata buatan yang banyak sekali berada di lingkungan masyarakat Kabupaten Blitar.

“Disamping itu potensi komoditas pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan, potensi tambang mineral dan batuan serta Potensi-potensi lain di kabupaten blitar perlu di eksplorasi sehingga dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blitar.” Imbuhnya. (Rid/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.