Berdikari, Pemuda Bentuk Kelompok Masyarakat Mandiri

NusantaraTerkini.Com – Tak ingin berdiam diri dan punya rasa tanggung jawab dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Seluma. Kaum muda Desa Jenggalu Kecamatan Sukaraja membentuk Kelompok Masyarakat Mandiri. Pemuda menyadari betapa pentingnya kapasitas kaum muda dalam meningkatkan kemandirian dan kekuatan internal atas sumber daya materi dan non material sebagai strategi pembangunan.

Salah satu pemprakarsa terbentuknya Kelompok Masyarakat Mandiri, Pujo Santoso, mengatakan pemberdayaan masyarakat merupakan strategi pembangunan. Menentukan langkah yang akan diambil, mengurangi hambatan pribadi dan sosial dalam diri masyarakat, khususnya pemuda. Kemudian menentukan program strategis untuk meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri. Lalu mentransformasi itu semua dengan mengaplikasikannya ke masyarakat.

“Berdirinya kelompok ini bertujuan untuk membuat masyarakat menjadi mandiri, mampu memecahkan masalah dan sanggup memenuhi kebutuhannya. Kita harus berdiri di kaki sendiri, tidak tergantung dengan siapapun, bantuan technical assistance jelas diperlukan, akan tetapi bantuan tersebut harus mampu membangkitkan prakarsa masyarakat untuk membangun bukan sebaliknya justru mematikan prakarsa,” jelas Pujo lugas.

Saat ini Pujo, pemuda dan masyarakat lain yang terlibat dalam kelompok ini sudah menyususn Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi serta janji kelompok. Selanjutnya tinggal membuat badan hukum sebagai legalitas formalnya. “Setelah semuanya sudah beres kita segera mulai kegiatan pemberdayaan. Harapan kami pembentukan kelompok ini nanti akan membius kaum muda lainnya untuk ikut berdikari dan mandiri,” tandas Pujo. [DS]

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.