Bentuk Karakter, Pramuka SMA Negeri 1 Padang Bolak Bakti Bersujud Ke Orangtua

Paluta, Nusantaraterkini.com – Pelantikan Dewan Ambalan periode 2020/2021 dan Pramuka Penegak Laksana dan Bantara Gudep 01557/01558 SMAN 1 Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dengan menerapkan protokol kesehatan dan ditandai dengan prosesi Bakti Bersujud terhadap kedua kaki orang tuanya, Selasa (17/11) siang.

Prosesi pelantikan diawali dengan dialog antara ketua gugus depan dan dewan dipimpin Kepala SMAN 1 Padang Bolak Parulian S.Pd. Prosesi ini diakhiri dengan penandatanganan surat serah terima jabatan.

Kegiatan dihadiri para orangtua anggota Pramuka yang dilantik, Ketua Komite SMAN 1 Padang Bolak Tohong Pangondian Harahap, para perwakilan Majelis Pembimbing Gugus Depan. Selain itu, hadir pula beberapa perwakilan dari unit kegiatan siswa SMAN 1 Padang Bolak diantaranya PMR, UKS dan PIKR.

Kepala SMAN 1 Padang Bolak Parulian S.Pd menyampaikan apresiasinya kepada dewan ambalan masa bakti sebelumnya, dan berharap untuk anggota Pramuka yang dilantik baru bisa lebih kreatif lagi. Bukan hanya harapan, tetapi juga himbauan agar terus aktif berorganisasi di Gerakan Pramuka.

Sementara itu, Pembina Pramuka Rajiun Siregar mengungkapkan kegiatan ini rutin dilakukan di Gudep SMAN 1 Padang Bolak. Katanya, salah satu tujuannya adalah sebagai upaya menyadarkan pelajar agar peduli dengan orang tua.

“Kegiatan ini diharapkan memberikan sentuhan spiritual dan penyadaran diri pada diri siswa. Dengan sujud kaki, menangis, dan seperti dilihat sendiri dampaknya luar biasa. Yang tadinya kurang peduli dengan orang tuanya, setelah kegiatan jadi berubah,” ujarnya

Tidak satu dua orang tua yang meneteskan air matanya ketika anak-anak mereka bersujud usai penyematan TKU Bantara. Prosesi bakti sujud digelar di halaman sekolah setempat hingga mengundang respons positif bagi para orang tua.

Kebiasaan bakti sujud ini mendapat dukungan dari elemen masyarakat dan Komite SMA Negeri 1 Padang Bolak.
Menurut Ketua Komite Tohong Pangondian rasa sujud sukur, sungkeman kepada orang tua merupakan bentuk ekspresi rasa bahagia dengan mewujudkan rasa terima kasih dari putera-puteri atas keberhasilan yang mereka peroleh selama menempuh prosesi pelantikan dewan ambalan Pramuka dan TKU Bantara.

Lanjutnya dengan bersujud ke pangkuan orangtua itu merupakan metode pendidikan tradisional yang berguna untuk membentuk karakter siswa. Selain itu langkah tersebut dapat memperkuat ikatan batin antara orang tua dengan anaknya.

“Kami mendukung penuh langkah Kepala Sekolah dan pembina Pramuka dengan agenda sujud sukur, serta sungkeman kepada orangtua tersebut,” pungkasnya. (ril/AYH)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.