Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Belajar Melalui Daring Pelajar di Desa Datar, Terpaksa Belajar di Tengah Jalan Mencari Sinyal

Loading...

OKU SelatanNusantara terkini.com- Tidak semua siswa di Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU) Selatan, dapat dengan mudah melakukan belajar melalui daring. Sejumlah pelajar terpaksa berjalan kaki usai mengerjakan tugas dengan menggunakan telepon gemgam pintar milik mereka.

Akses Internet, menjadi kendala utama pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di era tatanan normal baru bagi para pelajar yang tinggal di daerah pelosok, di Kabupaten OKU Selatan karena mereka harus berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor dari rumah untuk mendapatkan jaringan Internet.

Terpantau, di salah satu Desa yang berada di kecamatan Muaradua tidak jauh dari Ibu kota Kabupaten OKU Selatan, masih belum memiliki jaringan Internet, seperti di Desa Mahanggin dan Desa Datar. Terpaksa, perserta didik dari daerah tersebut harus naik ke dataran tinggi untuk mendapatkan sinyal supaya tetap dapat mengikuti pelajaran sekolah.

Seperti di ungkapkan Rian Mardiansyah, salah satu pelajar yang duduk di kelas Vlll Sekolah metengah pertama ( SMP) ini, setia harinya harus ke tempat ketingan. Belajar dan membuat tugas yang diberikan dari guru,” katanya. Sabtu( 25/07/2020).

Sejak sekolah menerapkan belajar daring, tempat ini bisa disebut orang daerah Trans, ramai dikunjungi pelajar. Ada pelajar yang duduk di pinggir jalan, ada yang belajar di pondok-pondok kecil di dalam kebun.

Rian menyebut, kendala yang cukup berat bagi siswa belajar daring di tempat ketingian di Daerah trans ini, bila cuaca sudah hujan. Jarak dari rumah ke sini cukup jauh. Satu-satunya tempat yang ada sinyal cuma di sini. Kalau sudah hujan, ya kami terpaksa hujan-hujanan di sini,” ucap Rian.

Cik Ani, siswa yang juga berasal dari Desa Datar mengaku selain susah untuk belajar daring, ketiadaan sinyal internet di kampungnya juga membatasi interaksi dan perkembangan di dunia luar.

” Ia berharap, pemerintah membangun fasilitas supaya masyarakat tidak ketinggalan dari daerah lain yang sudah mengikuti perkembangan zaman, ” ujarnya.(Suardi

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.