Begini Kata Kepala BPN Kaur Terkait Adanya Pungutan Biaya Program PTSL

NusantaraTerkini.com, Kaur- Kepala Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kaur membenarkan adanya pungutan biaya pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilakukan oleh pemerintah desa setempat.

Dalam program PTSL, sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Kendati demikian, ada kewajiban masyarakat yang tidak dianggarkan dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (Dipa) yaitu patok dan materai.

Kepala BPN Kaur, Jamaludin menjelaskan perihal pungutan biaya tersebut digunakan dalam pembelian materai dan perlengkapan dalam persyaratan ya g diajukan dalam program PTSL.

“Perihal pungutan di desa itu, memang ada aturan dari SKB antara 3 Kementerian, akan tetapi peruntukan uang itu bukan untuk pegawai BPN, akan tetapi digunakan untuk pembelian materai dan perlengkapan persyaratan yang diajukan pemohon PTSL ke BPN. Adapun kriteria jumlah biaya yang dibebankan ialah 200 ribu, tidak lebih dari itu,” kata Jamaludin, Rabu (29/8).

Hal tersebut telah berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Kementerian Tata Ruang dan Agraria, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Desa.

Pungutan tersebut juga tidak merata, mulai dari 200 hingga 500 ribu, sesuai dengan kebutuhan perlengkapan.

Untuk diketahui, pada tahun 2018 ini tersedia 4.250 sertifikat tanah program PTSL untuk 11 desa yang sudah ditentukan BPN. Adapun desanya sebagai berikut :

1. Kecamatan Kaur Selatan : Desa Pasar Lama dan Kelurahan Bandar Jaya

2. Kecamatan Maje : Desa bakal makmur

3. Kecamatan Nasal : Desa ulak pandan

4. Kecamatan Tanjung Kemuning : Desa Tanjung Iman 2, Desa Aur Ringit, dan Desa Tanjung Bulan.

5. Kecamatan Kelam tengah : Desa talang tais, dan Desa Rigangan 2

6. Kecamatan Kinal : Desa Gunung Megang

“Dari 11 desa yang di programkan oleh BPN Kaur, desa lain pun bisa untuk mengusulkan proposal pembuatan sertifikat PTSL, asalkan kuota yang dipersiapkan untuk sebelas desa bersisa,” jelas Ketua Panitia PTSL, Herlan Bustami. (YND)

 

 

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.