Bedah Rumah Zaenuri Jatimulya Tegal, Pasang Lantai Keramik dan Finishing Dinding

Tegal – Capaian pekerjaan renovasi rumah Zaenuri (44) petani asal Dukuh Bulak Banteng RT. 03 RW. 06, Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, adalah finishing pengacian tembok dan pasang lantai keramik. Sabtu (3/8/2019).

Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dibedah mulai 29 Juli 2019 lalu, sasarannya adalah pemasangan bata dinding samping sekaligus plesterisasi, sehingga pemiliknya tetap bisa menempati rumah karena hanya sebagian yang direhab.

Petani tersebut merupakan salah satu diantara 10 warga lainnya yang mendapatkan bantuan pemugaran rumah dari CSR Bank BRI yang swakelolanya dilakukan Satgas TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal dibantu masyarakat setempat.

Dibenarkan kepala tukang yang mengarsiteki dan mengomandoi pekerja lainnya, Kusnadi (53) tetangga Zaenuri, bahwa progres yang berhasil ditancapkan tak terlepas dari dukungan anggota Satgas TMMD yang sudah mulai digeser ke pekerjaan rehab RTLH, yang sebelumnya pekerjaan di pengerasan makadam sepanjang 2,3 kilometer lebar 3 meter.

“Saya sebagai kepala tukang masyarakat dibantu oleh tukang dari TNI yaitu Pak Sertu Sepudin, dari Koramil 22 Dukuhwaru,” tegasnya.

Sementara dibenarkan Babinsa setempat dari Koramil 05 Suradadi, Serda Mursidi bahwa, jika material ada yang tersisa untuk merehab rumah Zaenuri, maka akan dialihkan untuk membantu rumah lainnya sehingga target 10 rumah selesai tepat pada waktunya. Pasalnya pekerjaan masih menanti yaitu rehab over prestasi 16 unit rumah lainnya, sumber bantuan dari Kemensos RI.

Enam belas rumah ini, akan menambah jumlah rumah yang akan di layak huni kan dari 15 menjadi 31 rumah. Dari angka itu, 5 unit rumah sudah jadi dan sudah ditempati oleh pemiliknya masing-masing, sehingga tinggal diresmikan saat penutupan TMMD nanti (8/8). (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.