Bedah Rumah Raswen, Satgas TMMD Tegal Pasang Dinding Bata dan Plesterisasi

Tegal – Raswen (45) petani Dukuh Sigerung RT. 06 RW. 02, Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, adalah juga salah satu diantara sepuluh setempat yang mendapatkan bantuan renovasi rumah dari CSR Bank BRI melalui TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal.

Huniannya termasuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) karena lantainya masih beralaskan tanah, walaupun dinding rumah bagian bawah sudah permanen. Terpilih dalam program bedah rumah karena untuk menyehatkan pemiliknya melalui plesterisasi lantai dalam dan teras rumah. Tak hanya itu saja, pekerjaan di rumah Raswen adalah pemasangan batu bata pada dinding atas rumah sekaligus plesterisasi guna mengawetkan tembok.

Dibenarkan Babinsa setempat dari Koramil 05 Suradadi, Serda Mursidi bahwa, target rehab RTLH Satgas TMMD Reguler Kodim Tegal adalah 21 unit rumah plus sasaran pokoknya pembangunan makadam 2,3 kilometer lebar 3 meter dan pengaspalan jalan lapen 1,1 kilometer lebar 2,5-3 meter, dalam waktu yang hanya 30 hari pelaksanaan.

“Pemilihan rumah Pak Raswen akan berlangsung dalam beberapa hari saja karena hanya pemasangan dinding dan plesterisasi. Satgas TMMD masih fokus merehab 10 unit rumah baru mengejar 6 unit rumah tambahan,” ucapnya.

Ditambahkannya, jika sisa waktu TMMD yang hanya 11 hari lagi sebelum ditutup 8 Agustus 2019 mendatang masih memungkinkan, maka 6 unit tambahannya akan dikerjakan.

“Jika rumah ini jadi maka tukang dan tenaga akan dialihkan ke sasaran lainnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, progres makadam tersebut adalah 80 persen lebih, pengurangan personel Satgas dan masyarakat disana dialihkan sebagian ke renovasi rumah. Dengan cara seperti ini diharapkan semua target selesai tepat waktu. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.