Bayi Yang Ditemukan di Kebun Tebu, Kini Kondisinya Mengkhawatirkan

Jember, Nusantaraterkini.com- Kondisi bayi yang ditemukan warga masih hidup dalam kardus terbungkus kantong plastik, di semak-semak kebun tebu pada Minggu malam kemarin, kini dirujuk ke RS Soebandi Jember karena mengalami permasalahan pada kesehatan bayi.

“Iya dirujuk ke RS Soebandi Jember, tadi berangkat sekitar pukul 10.00 WIB, ” ujar Kepala Puskesmas Wonorejo dr Erlina Hadi, ditemui wartawan di kantornya, pada Senin, (23/02/21).

Erlina menambahkan, saat ditemukan berat badan hanya 2 kg serta panjang 47 cm.Padahal berat normal bayi baru dilahirkan minimal 2,5 kg.Bayi malang tersebut sebelumnya memang dirawat di Puskesmas tempatnya berdinas.

“Kalau dirujuk berarti gak sehat ada masalah.Berat 2 kg, termasuk dibawah normal, maka karena takut ada apa-apa lebih baiknya dirujuk ke RS Soebandi, di rumah sakit kan ada dokter spesialisnya, “ucapnya.

Saat ini, Erlina tidak berani memberi keterangan lebih detail, perihal nasib serta kondisi kesehatan bayi untuk selanjutnya.Karena sudah menjadi kewenangan pihak Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Jember.

“Barusan saya ditelpon dari Dinas Kesehatan, karena sudah dirujuk dan dalam pengawasan Dinsos, kami dari Puskesmas sudah tidak punya kewenangan lagi, ” lanjutnya.

Selain itu, Erlina juga tidak bisa memberi keterangan secara lengkap hasil pemeriksaan kesehatan maupun sakit yang dialami bayi tersebut.

“Saya gak berani mengekspos begitu pak, mohon maaf, takutnya menjadi masalah lagi karena penyakit gak boleh diekspos, ” kata Erlina.

Peristiwa penemuan bayi berkelamin perempuan tersebut banyak mengundang simpati dari warga masyarakat hingga tidak sedikit yang ingin mengadopsi sebagai anak.Hal itu juga diakui oleh Erlina.

“Banyak yang mau mengambil, sampai nangis-nangis, ya monggo ke Dinas Sosial saja, ” saran Erlina.

Sebelumnya dikabarkan, pada Minggu malam, 21 Pebruari 2021 , sekitar pukul 22.30 WIB, seorang warga yang sedang mencari bekicot dikejutkan dengan suara tangisan bayi di semak-semak kebun tebu, dimana warga tersebut posisinya berada tidak jauh dari asal suara.

Betapa kagetnya warga tersebut, setelah didekati dilihatnya sesosok wujud bayi sedang menangis karena kedinginan.Saat ditemukan bayi tersebut terbungkus kantong plastik yang ditaruh dalam kondisi.

Menurut Kapolsek Kencong AKP Adri Santoso, diduga bayi baru saja dilahirkan dari rahim seorang ibu hasil hubungan gelap, kemudian sengaja dibuang ke semak-semak kebun dengan kondisi tali pusar serta ari-ari masih menempel di badan bayi.

Kabar penemuan bayi tanpa diketahui siapa kedua orang tuanya, telah mengagetkan semua pihak serta menjadi viral di media sosial. (Tahrir)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.