Bawaslu Mangkir dari Panggilan, DPRD Oku Selatan Geram

Loading...

Oku Selatan – Perseteruan Lembaga legislatif (DPRD) Oku Selatan dan Bawaslu semakin memanas, pasalnya Bawaslu mangkir dalam pemanggilan kedua yang dilayangkan lembaga kerakyatan tersebut.

Panggilan pertama dilayangkan pada hari Jumat 10 Januari, hingga dilanjutkan pemanggilan kedua Senin 13 Januari pihak Bawaslu juga tidak mengindahkan panggilan DPRD itu.

Pemanggilan Bawaslu ke Komisi lll DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan terkait laporan masyarakat mengenai Pelantikan Ketua Sekretariat (Kasek) pada tangal (9/1) kemarin dituding pihak DPRD tidak memenuhi unsur prosedur pelantikan.

Ketua DPRD Kabupaten Oku Selatan Heri Marta Dinata mengatakan, panggilan ini secara resmi dari kelembagaan, untuk mendengarkan tanggapan bagaimana tentang pengrekrutan Kepala Sekretariat yang sempat menjadi kemelut ditengah masyarakat.

“Kalau nantinya, pihak Bawaslu tidak mau mendatangi panggilan ke 3 yang dilayangkan secara kelembagan, maka DPRD akan memanggil secara paksa Ketua maupun Koordinator Sekretariat Bawaslu beserta Komisionernya, agar bisa menghadiri rapat guna mendengarkan tanggapan mereka,” ungkap Heri.

Sementara itu Koordinator Sekretariat Bawaslu Bahdozen menjelaskan, tentang mekanisme pengrekrutan Kepala Sekretariat Kecamatan sudah sesuai deang Prosedur, masing – masing kecamatan mengusulkan maksimal 2 (Dua) orang yang telah mendapat rekomusasi dari pihak kecamatan dan Panwas kecamatan.

Ada beberapa kecamatan yang mengajukan lebih dari 2 orang ASN untuk diusulkan menjadi kepala Sekretariat Kecamatan, itu semua sudah memilik remokumudasi dari pihak kecamatan dan panwas kecamatan, dan mengenai pemilihanya pihak Bawaslu menentukan salah satu dari mereka.

Mengenai pemanggilan lembaga legislatif tersebut, ia mengatakan sudah berkoordinasi dengan ketua Bawaslu.

“Ketua mengatakan biar nantinya akan dijelaskan melalui via telpon saja tidak perlu datang. Mengenai pelantikan dan pengrekrutan Kepala Sekretariat semuanya atas persetujuan dan perintah ketua Bawaslu,” katanya. (Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

Aksi Dilarang