Baru Dua Minggu Launching, 15 Ribu Botol “Fyt Clean” Siap Order

Jember, Nusantaraterkini.com- Sejak diluncurkan dua pekan lalu, kehadiran Fyt Clean, produk deterjen cair  yang dikelola UMKM  Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama (PC Fatayat NU) Kencong Kabupaten Jember, kini telah mendapat pesanan hingga mencapai 15 ribu botol. Kamis, (18/03/21). 

Deterjen cair pembersih lantai dan perkakas rumah tangga yang merupakan  hasil karya ibu-ibu muda anggota PC Fatayat NU Kencong, diantaranya Deterjen Cair, Softener Pelembut Pakaian, Pelicin Setrika, Parfum Laundry, Sabun Cuci Piring, Sabun Cuci Tangan, Hand Sanitizer dan Pembersih Lantai. 

Sejumlah produk UMKM tersebut, kini mulai didistribusikan kepada masing-masing Anak Cabang, maupun Ranting  Fatayat Nahdlatul Ulama wilayah Cabang Kencong, guna dipasarkan kepada konsumen ibu-ibu rumah tangga. 

Ketua PCNU Kencong, Emy Fatmawati menuturkan, pihaknya sengaja memberdayakan para anggota fatayat dengan merekrutnya menjadi sales marketing.

Katanya, dengan harga eceran 10 ribu rupiah per botol, semua bisa merasakan hasil dan keuntungan yang didapat, yakni mulai anggota, ranting hingga cabang. 

“Untuk memberdayakan wanita muda NU khususnya Fatayat Cabang Kencong, minimal bisa membantu perekonomian suami, bisa memberikan kas di Ranting maupun Anak Cabang.Jadi saling menguntungkan, ” kata Emy. 

Sementara untuk modal awal, Emy menalangi dulu dengan menggunakan uang pribadi.Pasalnya, pengajuan dana  modal usaha UMKM kepada anggota DPR RI dari fraksi PKB Nur Yasin serta ketua NasDem Cabang Jember, Marjuki, keduanya selaku dewan kehormatan, sudah di acc namun belum bisa cair. 

“Kita didukung penuh oleh Dewan Kehormatan, jadi apapun yang kita butuhkan dari sarana dan prasarana, insyaallah beliau siap mengakses.Kami membutuhkan dana 100 juta modal UMKM, ” tambahnya. 

Kedepan, kata Dia, PC Fatayat Kencong  akan menampung produk usaha dari para anggota, baik skala besar maupun kecil.

Semisal di Ancab Puger karena penghasil ikan, khusus produk makanan yang berbahan dasar ikan seperti kerupuk, rengginang, terasi dan lain-lain.Di Ancab Umbulsari, ada usaha produk gula kelapa, kue kering dan basah.

Selain itu masih banyak produk usaha lainya yang digeluti anggota di wilayah Cabang Fatayat Kencong yang tersebar di 5 Ancab dan 64 Ranting Fatayat. 

Pihaknya juga melangkah ke UMKM Fatayat cabang lain, seperti probolinggo dan Jember yang menyatakan siap berkolaborasi dan bekerja sama dengan UMKM Fatayat Cabang Kencong . 

“Seribu daripada dikasihkan ke yang lain lebih baik salurkan saja ke fatayat NU, yang nantinya tujuannya tidak lain untuk berjuang, ” pungkas Emy. (Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.