Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Bapenda Kabupaten Blitar Beri Pelatihan Aplikasi e-SPOP, L-SPOP dan e-PBB Bagi Admin Desa

Loading...

Blitar – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Blitar memberikan sosialisasi sekaligus pelatihan atau pembekalan aplikasi e-SPOP, L-SPOP dan e-PBB kepada sejumlah perwakilan admin desa di Kabupaten Blitar, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bapenda Kabupaten Blitar, Kamis (16/04/2020).

Ketiga aplikasi tersebut merupakan sebuah aplikasi yang masuk aplikasi induk Sistem Informasi Data Online Pajak Daerah (SIRIDOAJA) milik Bapenda Kabupaten Blitar.

Sosialisasi dan pelatihan dibuka Kepala Bapenda Kabupaten Blitar melalui Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan, Sunasri.

Ditemui usai sosialisasi, Sunasri mengatakan, kegiatan ini kami menggelar pelatihan dan pembekalan untuk persiapan e-SPOP & L-SPOP serta e-PBB.

“e-PBB ini nantinya bisa mengetahui wajib pajak mana yang sudah membayar atau belum selama sekian tahun kebelakang, jadi dengan adanya aplikasi tersebut wajib pajak bisa mengetahui dengan aplikasi itu,” jelasnya.

Lanjutnya, e-SPOP & L-SPOP merupakan sebuah aplikasi yang kaitannya dengan pengajuan dan permohonan perubahan SPPT.

Diakuinya selama ini pengajuan perubahan SPPT selama ini 1 tahun dua kali yaitu untuk tahun berjalan mulai distribusi sampai April. Sedang tahun depan dimulai Mei-Agustus.

“Untuk pelatihan aplikasi tersebut nanti melibatkan semua admin desa dan untuk pelaksanaanya nantinya dilaksanakan secara bertahap,” jelasnya.

Pihaknya juga mentargetkan nanti 50 desa sudah ontime, ditengah pandemi covid-19 untuk pembekalannya hanya mengundang 10 orang dan dalam 1 hari diadakan dua sesi.

Harapannya, dari target 50 desa bisa tercapai, kedepan bila database sudah siap, maka semua desa di Kabupaten Blitar khususnya untuk pelayanan program SPPT bisa terlayani secara online.

“Jadi, nantinya pihak desa tidak perlu datang ke Bapenda, cukup melalui aplikasi tersebut.” Tutupnya. (Kmf/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.