Banjir Rendam Ratusan Rumah Di Kecamatan Belitang

Sekadau – Akibat curah hujan tinggi akhir – akhir ini di Kabupaten Sekadau , Kalimantan Barat. Berdampak pada naiknya debit air , di Sungai Kapuas terutama di Kecamatan Belitang.

Berdasarkan keterangan Kepala Desa Belitang 2 , Efendi dalam keterangannya menyebutkan ada fasilitas umum , rumah terendam akibat banjir memasuki dua hari tersebut.

” Di Desa Belitang dua sudah 280 rumah terendam, puskesmas, rumah, dinas dan rumah ibadah juga terendam ” sebutnya pada Senin (30/11/2020).

Desa Belitang Satu ada dua dusun dilanda banjir dengan 150 rumah KK terendam.

Banjir di Kecamatan Belitang saat ini melanda Desa Belitang Satu dan Desa Belitang Dua diakui Camat Hermansyah , bahkan dalam tahun 2020  Kerap dilanda banjir.

” 430 rumah KK di dua desa terendam , sudah 5 ( lima ) kali banjir dalam 1 ( satu ) tahun terakhir ” ujarnya .

Terkait banjir di wilayahnya , Hermansyah menyebutkan banjir di wilayahnya bisa berdampak pada perekonomian akibat lumpuhnya pasar , sejumlah toko tutup.

Dihubungi terpisah , Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Sekadau Matius Jon menghimbau masyarakat mengurangi aktifitas di tepi sungai dan tetap waspada , mengingat curah hujan hingga awal 2021 masih tinggi.

Banjir di wilayah Kecamatan Belitang  hingga saat ini Dinasnya  terus berkoordinasi dengan Kecamatan. , tutupnya. (jr)

Rekomendasi
Loading...

Ruangan komen telah ditutup.