Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Bangga Melihat Perkembangan Beladiri Anak-anak di Tempat Tugas TMMD Banyumas

Loading...

Banyumas – Menyempatkan waktu jelang akhir tugas sebagai anggota Satgas TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Prada Alvinda Ilham Dewangga (20), dari Yonif 405 Surya Kusuma, melatih hafalan gerakan dasar yongmoodo anak-anak Dukuh Semingkir RT. 02 RW. 03. Selasa (28/7/2020).

Dikatakannya, dirinya hanya mengulang apa yang telah diajarkan Kopda Bambang Budiono dan Praka Yogo Septiyanto, anggota Satgas TMMD dari kesatuan Yon Zipur 4 Tanpa Kawandya, Kompi A Slawi, Kabupaten Tegal, yang melatih mereka beladiri setiap ada kesempatan, baik sore ataupun malam.

“Saya bangga dengan generasi Petahunan, karena begitu bersemangat untuk berlatih beladiri militer yang dijarkan Simpei Bambang dan Simpei Yogo,” ujarnya mengapresiasi.

Menurutnya, apa yang diajarkan kepada mereka telah sedikit banyak membentuk karakter disiplin dan patriotik.

“Ini merupakan kebanggan tersendiri karena kehadiran kami dapat memberikan warna dan semangat baru bagi anak-anak Petahunan yang sedang diliburkan sekolah terkait pandemi covid,” tandasnya.

Menurutnya, TMMD tak hanya melulu membangun infrastruktur saja, namun juga non fisik dan kedekatan dengan masyarakat setempat sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat betul-betul nyata dan bukan hanya slogan.

“Yang penting anak-anak sudah mencintai beladiri, tinggal nantinya mereka memilih jenis beladiri yang mereka sukai, keran dasar gerakan sudah kami berikan,” imbuhnya.

Terpisah saat dikonfirmasi, Miftah (32), selaku guru olahraga MI Ma’arif NU 01 Petahunan, yang juga warga setempat menyatakan apresiasi atas upaya pelatihan terhadap para anak didiknya itu.

“Terima kasih kepada Bapak-bapak TNI yang selama satu bulan terus memotivasi anak didik kami yang sedang libur sekolah untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif,” ujarnya.

Menurut sudut pandangnya, beladiri sangat penting dalam membentuk karakter disiplin, lebih menghargai orang lain, mempunyai kepribadian yang tangguh, dan juga sebagai olah diri untuk menjaga diri sendiri, keluarga maupun orang lain. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.