Baksos TNI AU Peduli, Bagikan 1000 Paket Sembako di Markas Satuan Radar 214 Tegal

Slawi – Memperingati Hari Nusantara Tahun 2020, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) mengadakan kegiatan Bakti Sosial TNI AU Peduli dengan membagikan 1.000 paket sembako bagi warga terdampak Covid-19. Pembagian itu berlangsung di Markas Satuan Radar 214 Tegal, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Jumat (06/11/2020) pagi.

Wakil Asisten Potensi Dirgantara Kasau Marsekal Pertama TNI Tyas Nur Adi yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan bakti sosial ini merupakan rangkaian dari acara Hari Nusantara Tahun 2020 yang puncaknya akan berlangsung pada tanggal 13 Desember 2020 mendatang. “Kegiatan ini dilakukan tidak hanya di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang, tetapi juga di daerah lain,” tuturnya.

Meskipun jumlah bantuan tidak terlalu banyak, Tyas berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. “Harapan kami semoga bantuan ini menjadi berkah. Kami pun mengajak kepada seluruh warga yang berkemampuan dan kelebihan tidak menganggap pemberian bantuan harus dengan jumlah banyak. Tapi dengan jumlah sedikit pun, itu juga sangat berarti karena bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. Ini sesuai dengan tema Hari Nusantara 2020 bahwa laut, udara, dan darat menyatukan kita dalam suatu kesatuan yang utuh termasuk di dalamnya kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran TNI AU yang telah bersinergi memberikan bantuan sosial kepada warga sekitar, khususnya di Kabupaten Tegal. Bantuan tersebut menurut Umi sangat dinantikan warga karena membantu meringankan beban pengeluaran konsumsi rumah tangga, terutama pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi warga di tengah masa sulit akibat pandemi Covid-19 yang terus berkepanjangan.

Untuk itu, Umi juga mengajak seluruh elemen dan berbagai pihak, baik individu, lembaga pemerintah maupun non pemerintah serta korporasi untuk ikut serta membangun jaring pengaman sosial di masyarakat selama masa pandemi Covid-19. “Saya sangat mendukung dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada berbagai pihak untuk memilih skema pemberian bantuan dan target penerima manfaatnya dengan memanfaatkan akses data atau informasi yang ada di Satgas Penanganan Covid-19 pemerintah daerah melalui Dinas Sosial,” jelas Umi.

Umi menyebutkan perkembangan penularan Covid-19 di Kabupaten Tegal saat ini sudah tidak lagi didominasi pelaku perjalanan dari daerah lain. Menurutnya, kasus baru justru banyak bermunculan dari transmisi atau penularan lokal yang ditemukan lewat penelusuran kasus sebelumnya. Sejumlah klaster penularan pun tercipta, mulai dari klaster keluarga, perkantoran, fasilitas kesehatan hingga pasar.

“Maka kita harus mengambil langkah cepat dan serentak untuk mencegah agar penularan kasus Covid-19 tidak semakin meluas. Di sini, semuanya memiliki tanggung jawab yang sama untuk memutus rantai penularan virus. Upaya tersebut harus diikuti dengan kesadaran dan upaya dari setiap pribadi kita, keluarga kita dan lingkungan kita untuk menerapkan 3M,” pesannya.

Sementara itu, Komandan Satrad 214 Tegal Letkol Priyambodo Satriyo Rumpoko menuturkan, bantuan 1.000 paket sembako ini akan dibagikan ke 12 desa di Kecamatan Warureja dan 6 desa di Kecamatan Pemalang. “Isi dari bansos ini antara lain beras, gula pasir, mie instan, kopi bubuk, kecap manis dan minyak goreng,” katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran unsur Forkopimda Kabupaten Tegal dan Forkopimda Kabupaten Pemalang. (Rls)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.